Spesial Award dalam Indonesia Pro Bono Awards 2023 Bagi LKBH dan OBH
Terbaru

Spesial Award dalam Indonesia Pro Bono Awards 2023 Bagi LKBH dan OBH

Hukumonline menyelenggarakan pemeringkatan yang melibatkan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH)/Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang terafiliasi dengan perguruan tinggi di Indonesia.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Spesial Award dalam Indonesia Pro Bono Awards 2023 Bagi LKBH dan OBH
Hukumonline

Hukumonline kembali akan menggelar acara Indonesia Pro Bono Awards 2023 untuk keenam kalinya. Ajang ini sebagai bentuk apresiasi Hukumonline kepada para advokat dan kantor hukum yang berdedikasi dalam menjalankan kewajiban pro bono. 

Hukumonline Pro Bono Awards 2023 diharapkan dapat menumbuhkan kompetisi dari profesi advokat sebagai penyedia jasa bantuan hukum dalam memberikan jasa hukum secara Pro Bono.

Dalam gelaran Pro Bono Awards 2023, Hukumonline menyelenggarakan pemeringkatan yang melibatkan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH)/Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang terafiliasi dengan perguruan tinggi di Indonesia. 

“Pemeringkatan ini diselenggarakan bersamaan dengan Indonesia Pro Bono Awards 2023 dengan kategori Hukumonline Awards for Law School-Affiliated Legal Aid Institutions with Outstanding Achievement,” jelas Research & Awards Manager. Hukumonline Katon Baskoro, Kamis (7/12).

Baca Juga:

Kategori yang melibatkan LKBH/OBH perguruan tinggi ini merupakan kategori khusus (special award) yang mengedepankan aktivitas bantuan hukum LKBH/OBH yang berada di bawah naungan ranah akademis. Sebagaimana dengan tujuan fundamental LKBH/OBH, aktivitas bantuan hukum kepada masyarakat juga menjadi pendorong kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

“Pemeringkatan ini memiliki beberapa parameter atau indikator antara lain, akreditasi LKBH/OBH yang dikeluarkan oleh BPHN/Kemenkumham, jumlah kasus bantuan hukum (baik litigasi maupun non litigasi) selama 1 September 2022 sampai 31 Oktober 2023, jumlah advokat yang terdaftar dalam LKBH/OBH, dan publikasi yang diwujudkan dalam bentuk buku, artikel atau opini yang dimuat oleh penerbit atau media yang kredibel, imbuh dia.

Keseluruhan indikator tersebut merupakan sebuah turunan dari konsep komitmen dan dampak sebagai penekanan atas kriteria besar dalam pemeringkatan ini. Kemudian, nominasi dalam kategori ini di antaranya adalah;

  1. Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya
  2. Biro Pelayanan dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Jember
  3. Klinik Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Trunojoyo Madura
  4. Lembaga Bantuan Hukum "Pengayoman" Universitas Katolik Parahyangan
  5. Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan
  6. Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum IBLAM
Tags:

Berita Terkait