Raih Hukumonline Legal Clinic Awards 2023, S&P Law Office Ungkap Tantangan Start-up dan UMKM
Terbaru

Raih Hukumonline Legal Clinic Awards 2023, S&P Law Office Ungkap Tantangan Start-up dan UMKM

Simanjuntak & Partners Law Office meraih Hukumonline Legal Clinic Awards 2023 untuk kategori Mitra Klinik Law Firm Terbaik Spesialisasi Start-up dan UMKM. Simanjuntak & Partners Law Office pun menggarisbawahi pembiayaan UMKM dan ekspor yang masih menjadi tantangan para pelaku usaha.

Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
S&P Law Office menerima penghargaan Hukumonline Legal Clinic Awards 2023 dari Robert Sidauruk, Chief Content Officer Hukumonline
S&P Law Office menerima penghargaan Hukumonline Legal Clinic Awards 2023 dari Robert Sidauruk, Chief Content Officer Hukumonline

Hukumonline belum lama ini menggelar Hukumonline Legal Clinic Awards 2023 sebagai apresiasi bagi para mitra klinik, dengan 14 kategori. Simanjuntak & Partners Law Office yang juga dikenal sebagai S&P Law Office meraih penghargaan untuk kategori Mitra Klinik Law Firm Terbaik Spesialisasi Start-up dan UMKM.

Managing Partner S&P Law Office, Timoty Ezra Simanjuntak menyatakan kebanggaannya atas penghargaan ini. “Sangat bangga, karena Hukumonline adalah platform besar yang diakui dalam skala nasional. Kami juga pasti semakin terpacu memberikan ekspansi edukasi melalui Hukumonline,” kata Ezra.

Selama ini, S&P Law Office telah konsisten mengedukasi masyarakat dalam memberikan jawaban-jawaban melalui Klinik Hukumonline, seputar start-up dan UMKM. Ezra mengungkapkan, pertanyaan yang sering diajukan masyarakat dalam lingkup start-up dan UMKM adalah seputar program pembiayaan ekonomi kreatif, franchise waralaba, serta pendaftaran merek ciptaan dan desain industri.

Lebih lanjut, Ezra menjelaskan, yang masih menjadi tantangan selama ini adalah regulasi pembiayaan UMKM dan ekspor. Oleh karena itu, ia pun berharap di masa depan akan terwujud ekosistem pembiayaan yang terintegrasi, mulai dari program bantuan sosial sampai pembiayaan komersial lembaga keuangan.

“Dengan demikian, kelak akan ada lebih banyak UMKM yang naik kelas dan go-export,” ujar Ezra. Ia pun menuturkan, yang tak kalah pentingnya adalah proteksi pemanfaatan Kekayaan Intelektual dalam hal merek cipta desain industri paten yang bernilai ekonomi. Proteksi tersebut juga memerlukan dukungan berupa penyuluhan hukum, konsultasi hukum, serta penyusunan dokumen hukum yang memadai.

Dengan semakin mudahnya masyarakat dalam memperoleh jawaban seputar hukum dari para ahli melalui Klinik Hukumonline, Ezra pun berharap Hukumonline tetap menjadi platform digital terdepan sekaligus pintu edukasi bagi masyarakat luas hingga menembus level internasional.

Tags: