Simak 5 Aturan Pengeras Suara Masjid selama Bulan Ramadan
Terbaru

Simak 5 Aturan Pengeras Suara Masjid selama Bulan Ramadan

Pemerintah mengimbau untuk tetap berpedoman pada Surat Edaran Menteri Agama.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: HOL
Ilustrasi: HOL

Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang mengatur penggunaan pengeras suara di masjid selama bulan Ramadan. Sebagaimana diketahui, aturan itu termuat dalam SE Menteri Agama Nomor SE. 1 Tahun 2024 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi (SE Menag Nomor SE.1 Tahun 2024).

Penggunaan pengeras suara masjid sudah lama diatur dalam Instruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam 101/1978. Pelaksanaannya dipertegas melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam B.3940/DJ.III/HK.00.7/08/2018 pada tahun 2018 lalu. Menteri Agama juga pernah menerbitkan SE Menag Nomor SE.05 Tahun 2022 untuk mengatur hal yang sama.

Baca juga:

Isi SE Menag Nomor SE.1 Tahun 2024 menganjurkan untuk tetap memedomani SE Menag Nomor SE.05 Tahun 2022 tentang penggunaan pengeras suara di masjid dan musala. Lampiran SE Menag tersebut menjelaskan syarat-syarat penggunaan pengeras suara. Misalnya tidak boleh terlalu meninggikan suara doa, zikir, dan salat karena suara yang harus ditinggikan hanya azan sebagai penanda masuk waktu salat. Berikut lima rambu-rambu aturannya merujuk SE Menag Nomor SE.05 Tahun 2022:

1. Kegiatan Syiar Ramadan, gema takbir Idul Fitri, Idul Adha, dan Upacara Hari Besar Islam

a. Penggunaan pengeras suara di bulan Ramadan baik dalam pelaksanaan Salat Tarawih, ceramah/kajian Ramadan, dan tadarus Al-Qur'an menggunakan pengeras suara dalam.

b. Takbir pada tanggal 1 Syawal/10 Zulhijjah di masjid/musala dapat dilakukan dengan menggunakan pengeras suara luar sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat dan dapat dilanjutkan dengan pengeras suara dalam.

c. Pelaksanaan Salat Idul Fitri dan Idul Adha dapat dilakukan dengan menggunakan pengeras suara luar.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait