Segera Daftar! Kemensetneg Buka Program Magang bagi Mahasiswa Hukum
Terbaru

Segera Daftar! Kemensetneg Buka Program Magang bagi Mahasiswa Hukum

Pendaftaran dimulai dari tanggal 1 Juli 2023 sampai dengan 15 Agustus 2023. Sedangkan untuk pengumumannya pada 21 Agustus 2023 mendatang.

Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Gedung Kementerian Sekretariat Negara. Foto: setneg.go.id
Gedung Kementerian Sekretariat Negara. Foto: setneg.go.id

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI tengah membuka program magang bagi mahasiswa hukum. Pendaftaran dimulai dari tanggal 1 Juli 2023 sampai dengan 15 Agustus 2023. Program magang ini untuk posisi Analis Hukum pada Unit Kerja Asisten Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan.

Pengumuman akan dilakukan pada 21 Agustus 2023. Program ini menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa hukum dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta untuk dapat belajar mengenai berbagai hal berkenaan dengan tugas dan fungsi Kemensetneg. Khususnya dalam proses penyusunan peraturan perundang-undangan di Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Program magang posisi Analis Hukum di Asisten Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini dikhususkan bagi mahasiswa S-1 Ilmu Hukum. Adapun periode dari program magang di Kemensetneg ini berlangsung dari 11 September 2023 sampai dengn 17 November 2023 mendatang.

Apabila Anda tertarik untuk mendaftarkan diri, bisa terlebih dahulu melakukan registrasi pada laman resmi Online Magang Pusbangkom (OLIMPUS) Kemensetneg dengan terlebih dahulu mengisi informasi diri. Kemudian baru dapat mengirim lamaran dengan login melalui akun di website OLIMPUS Kemensetneg.

Bila ada pertanyaan, dapat mengirimkan pertanyaan melalui narahubung [email protected]. Perlu dicatat, proses pendaftaran ataupun seleksi tidak dipungut biaya apapun. Pelamar diharapkan bijak dan bersikap hati-hati terhdap berbagai bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kemensetneg.

Sebagai informasi, Kemensetneg dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara dan berkedudukan di bawah serta bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Tugasnya secara umum memberikan dukungan teknis, administrasi, dan analisis kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Peraturan Mensesneg No.3 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Sekretariat Negara yang diperbaharui dengan Peraturan Mensesneg No.8 Tahun 2016 bahwa kedudukan Kementerian Sekretariat Negara adalah lembaga pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Kemensetneg mengemban tugas menyelenggarakan dukungan teknis dan administrasi serta analisis urusan pemerintahan di bidang kesekretariatan negara untuk membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Di samping informasi Program Magang di Kemensetneg, sebelumnya Hukumonline telah memberitakan sejumlah peluang lainnya pada firma hukum maupun perusahaan. Di antaranya pada akhir Juli 2023 lalu, Hukumonline sudah menyajikan informasi berita mengenai terbuka kembali program G&R Advance yang juga ditujukan bagi mahasiswa hukum. Selain itu, bagi Sarjana Hukum masih terdapat lowongan kerja untuk posisi Associate dan Senior Associate.

Tags:

Berita Terkait