Segera Daftar! BSKLN Kementerian Luar Negeri Buka Program Magang
Terbaru

Segera Daftar! BSKLN Kementerian Luar Negeri Buka Program Magang

Terbuka bagi kalangan mahasiswa hukum aktif, kesempatan mengikuti program magang pada Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kemlu RI ini berlangsung selama maksimal 2 bulan.

Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Sebelumnya dikenal sebagai Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK), Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri (BSKLN) Kementerian Luar Negeri RI mengemban tanggung jawab sebagai lembaga “think tank” pemerintah. Khususnya dalam merumuskan, menyusun, dan memberi strategi rekomendasi kebijakan di bidang penyelenggaraan hubungan luar negeri dan politik luar negeri.

Saat ini BSKLN membuka Program Magang Periode 2024 bagi para mahasiswa aktif. Kualifikasinya adalah mahasiswa aktif pada jenjang pendidikan D3/D4/S-1/S-2 di bidang Hubungan Internasional, Ilmu Ekonomi, Hukum, Sastra, atau Statistika. Minimal kandidat menempuh semester 6 dengan memiliki keahlian khusus yakni menguasai Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint).

Magang yang dilakukan maksimal 2 bulan dimana para peserta magang wajib mencantumkan periode pelaksanaan Magang yang diajukan. Disetujui atau tidaknya magang akan dilakukan berdasarkan pada kelengkapan administrasi, kesesuaian bidang studi dan kapasitas penerimaan di masing-masing satuan kerja. 

Para peserta magang akan memperoleh 2 jenis tugas yakni tugas individu dan tugas kelompok. Untuk tugas individu, peserta magang akan diminta membuat power point mengenai suatu kawasan dan/ataupun isu yang nantinya akan dipresentasikan kepada Kepala Pusat dan Pejabat Eselon III atau IV.

Sedangkan untuk tugas kelompok magang akan diarahkan untuk membuat draft paper kajian; membuat draft policy brief; membuat matriks profiling tiap negara; melakukan ground research tentang kawasan; melakukan pembantuan dalam penyelenggaraan kegiatan; serta membuat kliping selection issue dari surat kabar seperti Jakarta Post, New York Times, dan seterusnya.

Kandidat disyaratkan untuk melampirkan dokumen-dokumen administrasi berupa Kartu Tanda Mahasiswa; Pas Foto 4x6 dengan menggunakan jas almamater dan background foto biru; CV; Transkrip Nilai Resmi Semester Terakhir; Surat Permohonan Magang dari Pihak Kampus yang Ditujukan kepada Unit Kerja dengan memuat ketertarikan isu yang diminati; serta Menentukan Periode Magang.

Sebagai catatan, diutamakan kandidat memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan dibuktikan oleh sertifikat TOEFL PBT/TOEFL Prediction/TOEFL ITP/EPT/TOEFL IBT/TOEFL CBT/TOEIC/IELTS. Penguasaan bahasa Inggris ini menjadi syarat opsional (tidak wajib). Jika tertarik untuk mendaftarkan diri, maka bisa melamar melalui tautan berikut ini.

Untuk diketahui, sebelumnya Hukumonline telah memberitakan kesempatan magang di 2 firma hukum Indonesia yakni Rajah & Tann Singapore dan ADCO Law. Persyaratan dan informasi selengkapnya dapat diakses melalui artikel berita berjudul “2 Firma Hukum Terkemuka Ini Buka Kesempatan Magang, Berminat?”.

Tags:

Berita Terkait