Ruki Persilakan Pegawai KPK Ikut Seleksi Capim KPK
Aktual

Ruki Persilakan Pegawai KPK Ikut Seleksi Capim KPK

ANT
Bacaan 2 Menit
Ruki Persilakan Pegawai KPK Ikut Seleksi Capim KPK
Hukumonline
Pelaksana tugas (plt) Ketua KPK Taufiquracham Ruki mempersilakan para pegawai lembaga penegak hukum tersebut untuk mendaftarkan diri menjadi calon pimpinan KPK jilid IV.

"Saya kira pencalonan ini sifatnya terbuka, jadi menurut saya siapapun juga termasuk para pegawai dan pimpinan KPK yang memenuhi syarat administrasi saya persilahkan untuk melamar," kata Ruki dalam konferensi pers di gedung KPK Jakarta, Selasa.

Ruki menyampaikan hal tersebut bersama dengan plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP dan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK Destry Damayanti dan anggota Betti Alisjahbana.

"Lebih baik memang mereka (pegawai KPK) karena mereka yang tahu betul bagaimana KPK, dari pada orang-orang yang masih di luar. Tentu saja persyaratan kompetensi dan 'assessment' kita serahkan pada pansel tetapi kalau orang-orang intern bisa masuk menurut saya mereka punya poin plus, paling tidak ruangan tempat kerjanya sudah tahu betul," tambah Ruki.

Menurut Betti Alisjahbana pihaknya sudah menerima 20 pendaftar hingga hari keempat pendaftaran.

"Sampai kemarin sore ada 20 orang yang sudah mendaftar, hari ini mestinya lebih banyak lagi yang mendaftar. Satu orang perempuan," kata Betti.

Menurut Betti, pansel mencari orang-orang yang memiliki kompetensi antara lain mempunyai integritas, keberanian, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan bekerja sama, kemampuan penyidikan dan penuntutan.

"Saat ini kamu baru mengecek kelengkapan administrasi. Nanti 27 Juni akan kita umumkan nama-nama yang memenuhi kelengkapan administratif. Setelah itu baru tahapan berikutnya. Sekarang masih terlalu awal untuk ditanyakan apakah nama-nama itu sudah memenuhi (kompetensi atau belum), masih berjalan pendaftarannya," ungkap Betti.
Tags: