Ribuan Investor Miliki Single Investor ID
Aktual

Ribuan Investor Miliki Single Investor ID

CR-11
Bacaan 2 Menit
Ribuan Investor Miliki Single Investor ID
Hukumonline

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat bahwa jumlah kepemilikan Single Investor ID sebanyak 293.594. Dari keseluruhan jumlah tersebut, 176.909 telah memiliki Kartu AKSes. AKSes merupakan salah satu fasilitas dari Single Investor ID untuk mewujudkan keterbukaan informasi atas portofolio efek milik investor yang tersimpan di KSEI.

 

Melalui Single Investor ID ini, investor dapat mengakses seluruh aktivitas di pasar modal Indonesia, mulai dari proses transaksi bursa hingga proses penyelesainnya. Sejauh ini, KSEI telah proaktif melakukan pencetakan Kartu AKSes secara langsung untuk nasabah Perusahaan Efek, dengan tujuan mempercepat target kepemilikan Kartu AKSes yang diwajibkan untuk seluruh investor pada awal 2012.

 

Selain itu, akan ada pemisahan rekening dana investor dan rekening dana Perusahaan Efek yang informasinya dapat diakses mealui website Kartu AKSes sebagaimana diwajibkan dalam Peraturan Bapepam-LK No.V.D.3. hal ini guna memberikan pengawasan lebih besar kepada investor.

 

“Adanya pemisahan rekening dana ini secara langsung akan terkait dengan fungsi monitoring yang dimiiki Kartu AKSes. Investor akan semakin mudah mengecek portofolio Efek dan juga dana secara online dan realtime, yang menjadikan Kartu AKSes sebagai salah satu kebutuhan investor ketika berinvestasi di pasar modal,” ungkap Direktur Utama KSEI Ananta Wiyogo di Jakarta, Jumat (30/12).

Tags: