Ratusan HP Disita di Ruang Tahanan
Aktual

Ratusan HP Disita di Ruang Tahanan

ANT
Bacaan 2 Menit
Ratusan HP Disita di Ruang Tahanan
Hukumonline

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten menyita sebanyak 481 telepon genggam dari kamar para tahanan. "Juga disita lima unit simcard, 84 charger, 47 headset, lima unit flash disc, satu modem, serta benda elektronik lain," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Imam Santoso ditemui dalam pengukuhan Satgas Kamtib dan P4GN di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Tangerang, Rabu (20/3).

Bahkan, petugas menyita senjata tajam seperti pisau cutter dan pisau dapur dari dalam kamar tahanan serta benda lain yang terbuat dari logam. “Disita dalam enam kali sidak para petugas di Lapas dan Rutan seperti Tangerang dan Serang sejak Januari hingga Maret," ujarnya.

Saat ini, seluruh barang hasil sitaan petugas dari berbagai Lapas dan Rutan tersebut telah dimusnahkan. Kedepan, penggeledahan rutin dan insidentil secara intern terus dilakukan untuk mewujudukan Getting to Zero Halinar (HP, Pungli, Narkoba) dan HIV/AIDS.

Imam menuturkan, jumlah tahanan mencapai 6.800 orang terbagi di berbagai wilayah Provinsi Banten. Tahanan narkoba mencapai 3, lalu 22 tahanan tindak pidana teroris, 36 tahanan tindak pidana korupsi, 14 tahanan tindak pidana transnational crime dan 2.087 tahanan tindak pidana umum.

Tags: