RAT 2022, AKPI Gelar Pemilihan Ketua Umum Malam Ini
Terbaru

RAT 2022, AKPI Gelar Pemilihan Ketua Umum Malam Ini

RAT AKPI 2022 terdapat empat agenda yang akan dilakukan. Antara lain laporan pertanggungjawaban Pengurus AKPI Tahun Buku 2021-2022, laporan keuangan Asosiasi Tahun Buku 2021-2022, laporan pertanggungjawaban Dewan Kehormatan Profesi AKPI, serta Pemilihan Ketua Umum dan Dewan Kehormatan Profesi (Periode 2022-2025) yang digelar malam ini.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ditjen AHU Kemenkumham Cahyo R. Muzhar saat memberi sambutan dalam RAT AKPI Tahun 2022,  Senin (22/8/2022). Foto: RES
Ditjen AHU Kemenkumham Cahyo R. Muzhar saat memberi sambutan dalam RAT AKPI Tahun 2022, Senin (22/8/2022). Foto: RES

Secara resmi, Rapat Anggota Tahunan Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (RAT AKPI) 2022 telah dibuka oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum kementerian Hukum dan HAM RI (Ditjen AHU Kemenkumham RI) Cahyo R. Muzhar. Bertempatan di The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, RAT kali ini mengusung tema “Soliditas dan Profesionalisme Kurator dan Pengurus AKPI dalam Mempercepat Pemulihan Perekonomian Indonesia”.

“Sebagaimana diketahui organisasi memiliki mekanisme kontrol atas kinerja pengurusnya. Mekanisme ini tentunya sangat penting dalam memastikan how well the organization is performing, identifying areas of concern, and then take action to address the concerns. Jadi forum RAT ini merupakan salah satu mekanisme kontrol yang diinstitusionalisasikan oleh perangkat organisasi,” ujar Ditjen AHU Kemenkumham RI Cahyo dalam sambutannya, Senin (22/8/2022).

Sebagai forum untuk menyajikan laporan kinerja tahunan pengurus termasuk pemilihan atau pergantian pengurus organisasi, Cahyo memandang RAT AKPI dilakukan semata-mata untuk menjaga performa organisasi. “Saya berharap seluruh rangkaian proses ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Menghasilkan pemimpin berintegritas maupun mengayomi dan menjaga solidaritas AKPI serta memiliki visi ke depan demi kemajuan rezim hukum kepailitan dan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata dia.

Baca Juga:

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum AKPI (Periode 2019-2022) Jimmy Simanjuntak menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap seluruh perangkat AKPI pada kepengurusan 2019-2022. Ia menyampaikan penghargaan dan hormat terhadap Ketua Dewan Kehormatan (DK) beserta seluruh jajarannya, Ketua Dewan penasehat beserta jajarannya, Ketua Dewan Sertifikasi dan jajarannya, dan tidak lupa semua pengurus AKPI pada masa kepengurusannya.

“Saya tidak yakin kalau tidak didasari karena kecintaan kepada AKPI, kalau tidak didasari karena ingin menjaga marwah AKPI, saya tidak yakin kita mampu melalui masa pandemi ini dengan baik. Saya begitu menghargai, karena kita semua tahu masa periode kami 2019-2022 bukanlah masa yang mudah. Siapapun saya yakin tidak mampu memasang badan untuk menghadapi Covid itu. Tapi kebersamaan pengurus luar biasa, saya tidak dapat menggambarkan rasa syukur dan terima kasih saya,” ungkap Jimmy.

Hukumonline.com

 Ketua Umum AKPI Periode 2019-2022 Jimmy Simanjuntak. 

Untuk itu, keberhasilan dan pencapaian yang dilakukan selama 3 tahun ini selama masa pandemi Covid-19 dengan jumlah kurang lebih 102 kegiatan dapat terwujud atas keberhasilan semua penegurus. Namun selaku Ketua Umum AKPI (Periode 2019-2022), ia juga meminta maaf apabila terdapat kesalahan, kekurangan, ataupun kekhilafan yang terjadi selama kepengurusannya. Jimmy kemudian mengajak seluruh anggota AKPI untuk bersuka cita dalam mengikuti demokrasi luar biasa pada RAT 2022 guna memilih Ketua dan Dewan Kehormatan Profesi AKPI 2022-2025.

Ketua Organizing Committee (OC) Anwarsyah Tarigan menjelaskan dalam RAT 2022 terdapat empat agenda yang akan dilakukan. Antara lain laporan pertanggungjawaban Pengurus AKPI Tahun Buku 2021-2022, laporan keuangan Asosiasi Tahun Buku 2021-2022, laporan pertanggungjawaban Dewan Kehormatan Profesi AKPI, serta Pemilihan Ketua Umum dan Dewan Kehormatan Profesi (Periode 2022-2025) yang akan digelar malam ini.

“Hari ini merupakan puncak dari tahapan-tahapan RAT yang telah disusun dan dijalani dari tahapan sebelumnya. Dapat kami laporkan berdasarkan tahapan yang dilewati tersebut hingga ditutupnya pendaftaran Calon Ketua Umum dan Calon Dewan Kehormatan, telah terdaftar 3 orang Calon Ketua Umum AKPI dan 13 orang Calon Dewan Kehormatan AKPI,” katanya. 

Tags:

Berita Terkait