Potret Dunia Kemahasiswaan di Fakultas Hukum Universitas Jambi
Terbaru

Potret Dunia Kemahasiswaan di Fakultas Hukum Universitas Jambi

Terdapat 6 Program Studi di FH Unja dan berbagai organisasi mahasiswa. Guna menunjang kegiatan pembelajaran dan berbagai aktivitas dari civitas akademika, dihadirkan berbagai fasilitas kampus.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Kampus FH Universitas Jambi. Foto: www.unja.ac.id
Kampus FH Universitas Jambi. Foto: www.unja.ac.id

Sejak berdiri pada 1963 hingga masih eksis sampai sekarang, Fakultas Hukum Universitas Jambi (FH Unja) sudah mencetak banyak lulusan yang menjadi profesional hukum. Karena itu, target lulusan di FH Unja meliputi penegak hukum (seperti hakim, jaksa, polisi), konsultan hukum atau pengacara, pejabat/staf hukum pada lembaga pemerintah, pimpinan/staf hukum perusahaan, dan lain-lain.

“Sekarang ini kami punya 6 Program Studi (Prodi). Prodi Sarjana Ilmu Hukum, Prodi Magister Ilmu Hukum, Prodi Magister Kenotariatan, Prodi Doktor Ilmu Hukum, dan 2 lagi yang baru itu Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan,” terang Dekan FH Universitas Jambi, Dr. Usman, ketika dihubungi oleh Hukumonline melalui sambungan telepon, Senin (7/8/2023).

Baca Juga:

Untuk Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan disampaikan Usman seharusnya masuk di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Namun, dikarenakan FISIP belum dihadirkan di Universitas Jambi, kedua Prodi tersebut dititipkan di Fakultas Hukum.

Khusus untuk Prodi S-1 Ilmu Hukum secara periodik dilakukan revisi kurikulum untuk menyesuaikan dengan perkembangan terakhir. Untuk kurikulum S-1 Ilmu Hukum yang berlaku merupakan hasil penetapan di Januari 2022 dan sudah mengadopsi sistem pendidikan yang baru yakni metode Project Based Learning dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Kami memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk semester 3 mulai pertukaran mahasiswa dan semester 5 untuk ambil program MBKM di luar kampus. Kalau untuk program kekhususan itu ada Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Bisnis, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, dan Hukum Internasional.”

Tak hanya itu, FH Unja menjalankan kelas internasional yang sudah hadir sejak 2 tahun lalu. Terdapat mahasiswa asing yang berasal dari negara Gambia, Afrika, Pakistan, dan Thailand. Usman juga menyampaikan, dalam rangka mendukung pembelajaran di FH, telah disajikan berbagai fasilitas bagi civitas akademika FH Unja.

Tags:

Berita Terkait