Polri Ancam Berikan Sanksi Jajarannya yang Tidak Netral
Aktual

Polri Ancam Berikan Sanksi Jajarannya yang Tidak Netral

RFQ
Bacaan 2 Menit
Polri Ancam Berikan Sanksi Jajarannya yang Tidak Netral
Hukumonline
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Ronny F Sompie, menegaskan Polri akan menindak tegas terhadap jajarannya yang tidak berlaku netral dalam Pemilu Presiden 2014. Menurutnya, Kapolri Jenderal Sutarman di berbagai kesempatan telah menegaskan sikap institusinya yang netral sebagai aparat penegak hukum.

“Kapolri di depan seluruh Kapolda dan Kapolres yang hadir, dan beliau menyampaikan lagi di depan Rakonas Ops Pilpres dan pengamanan lebaran, secara institusi sampai Polsek itu tidak ada yang boleh berpihak. Karena Polri itu mengawal jalannya mekanisme politik 5 tahunan,” ujarnya.

Polri, kata Ronny, tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi kepada jajarannya di manapun yang berlaku memihak pada salah satu pasangan capres. Pasalnya, tidak ada satupun instruksi memihak manapun. Menurutnya, sanksi dapat diberikan berupa kode etik, sampai pidana jika memang terjadi pelanggaran pidana.

“Apabila ada yang memihak, itu oknum dan harus ditindak tegas. Kalau ada pelanggaran, maka Perkap No.14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Kepolisian dapat diterapkan. Apabila pidana pun akan diterapkan hukum pidana, atau pidana pemilu yang menunjukan tidak netralnya” pungkas jenderal polisi bintang dua itu.
Tags: