Platform Bijak Memilih Bantu Generasi Muda Telusuri Rekam Jejak Peserta Pemilu 2024
Utama

Platform Bijak Memilih Bantu Generasi Muda Telusuri Rekam Jejak Peserta Pemilu 2024

Ada sejumlah informasi yang tersedia dalam fitur tersebut. Seperti ideologi partai politik, laman dan sosial media resmi partai politik, sejarah, bakal calon anggota legislatif yang diusung, perolehan suara di daerah, tokoh partai politik, hingga yang terjerat kasus.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Kabag Hubungan Antar Lembaga KPU Dohardo Pakpahan (tengah) dan Co-Founder What Is Up Indonesia & Co-Initiator Bijak Memilih Abigail Limuria (kanan) usai peluncuran platform bijakmemilih.id fase 2 di Jakarta, Senin (11/9/2023). Foto: RES
Kabag Hubungan Antar Lembaga KPU Dohardo Pakpahan (tengah) dan Co-Founder What Is Up Indonesia & Co-Initiator Bijak Memilih Abigail Limuria (kanan) usai peluncuran platform bijakmemilih.id fase 2 di Jakarta, Senin (11/9/2023). Foto: RES

Penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tersisa dalam hitungan bulan ke depan. Menariknya, hajatan politik lima tahunan yang digelar Februari 2024 mendatang menjadi sejarah bagi demokrasi di tanah air. Pasalnya, para pemilih bakal memberikan suaranya pada pemilu legislatif (Pileg), Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres). Begitu pula pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dalam satu periode waktu yang sama alias serentak. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Platform bijakmemilih.id menghitung jumlah pemilih yang masuk kategori orang muda yakni di bawah usia 40 tahun sebanyak 107 juta atau 55 persen dari total jumlah pemilih dalam DPT Pemilu 2024. Partisipasi generasi muda dalam pemilu penting dan signifikan menentukan arah masa depan bangsa. Tapi, partisipasi generasi muda menjadi faktor kunci karena dihadapkan pada tingkat kepercayaan yang rendah terhadap peserta pemilu terutama partai politik.

Co-Founder What Is Up Indonesia & Co-Initiator Bijak Memilih Abigail Limuria mengatakan kali ini platform bijakmemilih.id meluncurkan fitur baru atau fase 2. Fitur yang ditawarkan adalah para pengguna bisa mencari informasi tentang rekam jejak partai politik sebagai peserta Pemilu 2024. Tercatat ada 16 partai politik tingkat nasional dan 6 partai politik lokal di Aceh.

Ada sejumlah informasi yang tersedia dalam fitur tersebut antara lain ideologi partai politik, laman dan sosial media resmi partai politik, sejarah, bakal calon anggota legislatif yang diusung, perolehan suara di daerah, kursi di DPR, tokoh partai politik, termasuk yang terjerat kasus.

“Data yang tersaji dalam platform tersebut diambil dari berbagai sumber baik KPU, hasil survei dari lembaga ternama, dan lainnya,” ujar Abigail dalam peluncuran fase 2 platform bijakmemilih.id, di Jakarta, Senin (11/9/2023).

Baca Juga:

Abigail melanjutkan informasi mantan narapidana yang dicalonkan untuk maju dalam Pemilu 2024 juga ada dalam platform tersebut. Pengguna dapat menelusuri bagaimana sikap partai politik terhadap berbagai isu yang ramai menjadi perbincangan publik, misalnya UU Cipta Kerja, UU TPKS, UU IKN, korupsi, dan isu nasional lainnya.

Platform juga menyediakan pengetahuan dasar terkait berbagai hal tentang pemilu, partai politik, dan lainnya. Abigail berharap semua informasi yang ada mampu memberi pengetahuan dan pemahaman. Pihaknya juga membuka peluang untuk bekerja sama dengan organisasi lainnya antara lain untuk pertukaran informasi dan data serta penyelenggaraan kegiatan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait