Pertamina Jamin Tak Ada Penimbunan BBM Jelang Kenaikan Harga
Berita

Pertamina Jamin Tak Ada Penimbunan BBM Jelang Kenaikan Harga

Menteri ESDM yakinkan stok BBM aman dan meminta masyarakat tidak usah khawatir.

KAR
Bacaan 2 Menit
SPBU. Foto: SGP (Ilustrasi)
SPBU. Foto: SGP (Ilustrasi)

Satu buah mobil pick up dan dua bus metro mini tiba-tiba berhenti di depan gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Kamis (6/11) sore. Tak berapa lama, puluhan orang turun dari kendaraan yang terparkir itu. Kebanyakan dari mereka adalah remaja.

Beberapa orang yang turun dari mobil terlihat membawa bendera merah-putih. Beberapa orang lainnya membagikan siaran pers yang ditandatangani oleh Ketua Presidium KOMPAK Haris Pertama. Kemudian, terdengar suara tegas dari mobil pick up, lantang berorasi menolak kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Kami menolak kenaikan harga BBM bersubsidi," tandas pemimpin demonstrasi.

Sementara itu, di dalam siaran pers yang dibagikan, tertulis kritik atas penunjukan Sudirman Said sebagai Menteri ESDM. Haris Pratama menilai, penunjukan Sudirman mengejutkan banyak pihak. Dalam penilaian KOMPAK, Sudirman adalah antek-antek asing yang tidak berpihak pada rakyat.

Sementara itu, Sudirman Said, enggan berkomentar terhadap isu kenaikan harga BBM bersubsidi. Ia menolak membicarakan rencana yang santer disebut akan segera direalisasikan dalam waktu dekat ini. Sudirman hanya menegaskan, stok BBM aman, sehingga masyarakat tak perlu khawatir.

"Bisa enggak bahas listrik dulu? BBM nanti saja. Yang penting stok BBM aman, masyarakat tidak usah khawatir," jelas Sudirman.

Fenomena kepanikan masyarakat terhadap isu kenaikan harga BBM bersubsidi terlihat dari melonjaknya konsumsi terhadap premium. Secara merata, di seluruh wilayah Indonesia terjadi peningkatan konsumsi pada produk subsidi tersebut sebesar 12%.

"Lonjakan konsumsi ini tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia. Per harinya konsumsi BBM bersubsidi mencapai 90 ribu per liter,” ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait