Pendaftaran Calon Pimpinan KPK Dibuka 5 Juni
Aktual

Pendaftaran Calon Pimpinan KPK Dibuka 5 Juni

ANT
Bacaan 2 Menit
Pendaftaran Calon Pimpinan KPK Dibuka 5 Juni
Hukumonline

Juru Bicara Pansel Pimpinan KPK Betty S. Allisjahbana mengatakan, Pansel ingin menjaring orang-orang yang cakap dengan integritas baik, serta memiliki jiwa kepemimpinan dan kompetensi.

“Tidak ada kuota. Yang lebih dipentingkan adalah kualitas dari orang-orang yang mendaftar. Kita mengharapkan orang-orang terbaik yang memenuhi kriteria,” kata Betty dalam keterangannya kepada wartawan, di Gedung Utama Kemensetneg, Jakarta, Selasa (26/5).

Betty menambahkan bahwa dalam proses seleksi, pansel menerima calon dengan rekomendasi. Namun dalam seleksi, pansel hanya melihat calonnya, bukan orang yang memberi rekomendasi.

Menurut Betty, untuk mendapatkan calon yang bagus, Pansel mengimbau masyarakat untuk mendaftar. “Kuncinya adalah pendaftar harus cukup banyak yang bagus. Kalau yang mendaftar tidak bagus, mau bagaimanapun prosesnya, yang keluar tetap tidak bagus,” tutur Betty.

Ia menyebutkan, dari hasil seleksi administratif, Pansel akan mengumumkan calon yang lulus, 27 Juni-26 Juli, sehingga masyarakat dapat menilai dan memberi masukan.

Sampai 31 Agustus, Pansel menargetkan  akan menyampaikan nama-nama calon pimpinan KPK kepada Presiden.  “Ada 8 calon. Setelah itu Presiden akan menyampaikan kepada DPR dan ada proses di DPR,” pungkas Betty.

Tags: