RI Masuk 10 Ekonomi Terbaik di Dunia pada 2040
Aktual

RI Masuk 10 Ekonomi Terbaik di Dunia pada 2040

Sut
Bacaan 2 Menit
RI Masuk 10 Ekonomi Terbaik di Dunia pada 2040
Hukumonline

Laju pemulihan ekonomi Indonesia telah mantap berada di lajurnya. Diperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto atau Gross Domestic Product (GDP) naik hingga 5,5 persen pada tahun 2010 dan 7 persen pada 2012. Demikian pandangan lebih dari 200 CEO (Chief Executive Officer) dan eksekutif senior saat Seminar Ekonomi tahunan Standard Chartered Indonesia di Jakarta, kemarin.

Ekonom Senior Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan mengatakan, kombinasi pemulihan ekonomi global, stabilitas politik dalam negeri, harga-harga komoditas yang tinggi, suku bunga yang rendah dan cepatnya investasi di sektor riil, tidak hanya memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mempercepat laju pertumbuhan GDP hingga 7 persen pada 2012, tapi juga bagi Indonesia untuk menjadi salah satu dari 10 ekonomi terbaik dunia pada tahun 2040.

 

“Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat pada semester pertama 2009, namun tetap termasuk dalam urutan ketiga tertinggi di G-20. Hal ini disebabkan oleh pasar domestik yang luas dan kecilnya ketergantungan pada nilai ekspor,” papar Fauzi Ichsan.

 

Meski demikian, Fauzi mewanti-wanti agar Indonesia harus selalu siap dengan risiko arus keluar modal andaikata tahun depan terjadi krisis keuangan global putaran kedua. “Walau kemungkinannya kecil,” katanya.

Tags: