Pemilihan Wakil Ketua MA Digelar 13 Februari
Aktual

Pemilihan Wakil Ketua MA Digelar 13 Februari

ASH
Bacaan 2 Menit
Pemilihan Wakil Ketua MA Digelar 13 Februari
Hukumonline

MA akan menggelar pemilihan Wakil Ketua MA bidang Yudisial pada 13 Februari 2013. Posisi ini sebelumnya dijabat oleh Abdul Kadir Mappong yang telah pensiun per 1 Februari 2013. “Kami akan melakukan pemilihan wakil ketua secara langsung yang diikuti seluruh hakim agung,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur di Gedung MA, Kamis (7/2).

Seperti dituturkan Ridwan, Ketua MA M. Hatta Ali dalam rapat pleno telah berpesan untuk memilih calon yang memiliki integritas, berkemampuan dalam bidang yudisial dan memperhatikan aspek senioritas. “Para hakim agung juga berhak memilih dan dipilih sebagai calon wakil ketua MA,” kata Ridwan.

Ridwan mengatakan pemilihan unsur pimpinan MA ini akan menerapkan sistem one man one vote. “Nantinya akan mengerucut menjadi dua atau tiga nama calon untuk dipilih menjadi wakil ketua,” kata Ridwan.

Sementara untuk pemilihan Ketua Muda MA Tindak Pidana Khusus menggantikan Djoko Sarwoko dan Ketua Muda Tata Usaha Negara (TUN) menggantikan Prof Paulus Efendi Lotulung akan ditunjuk langsung oleh Ketua MA. “Untuk ketua muda akan ditunjuk langsung oleh ketua MA setelah pemilihan wakil ketua ini,” katanya.

Tags: