Pemerintah Mulai Lakukan Konversi BBM Ke BBG
Berita

Pemerintah Mulai Lakukan Konversi BBM Ke BBG

Memulai konversi dari kalangan nelayan, pemerintah siapkan konverter kit.

CR15
Bacaan 2 Menit
Pemerintah Mulai Lakukan Konversi BBM Ke BBG
Hukumonline

Pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM) segera disusul dengan pencanangan program konversi ke Bahan Bakar Gas (BBG) sebagai prioritas nasional. Pemerintah yakin hal tersebut menjadi solusi atas ketergantungan yang tinggi terhadap minyak bumi.

“Ketergantungan terhadap minyak sangat membahayakan karena selain ketersediaanya terbatas dan semakin sulit dicari harganya terus meningkat. Pemanfaatan minyak bumi juga memberatkan anggaran negara karena besarnya subsidi yang diberikan,” tutur Wakil Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siwoutomo.

Upaya koversi BBM ke BBG dimulai Kementerian ESDM dengan menyasar kalangan nelayan. Hal ini berdasarkan pemikiran bahwa nelayan merupakan kelompok yang paling rentan terkena imbas kenaikan harga BBM.

Menurut Susilo, penggunaan BBG dalam bentuk liquid gas for vehicles (LGV) tak hanya menguntungkan pemerintah karena mengurangi beban subsidi, tetapi juga menguntungkan para nelayan. Biaya operasional yang dikeluarkan para nelayan bisa turun drastis karena harga LGV lebih murah dibandingkan BBM dalam bentuk solar yang sebelumnya digunakan.

“Biasanya nelayan sehari menghabiskan 10 sampai 20 liter solar dengan pengeluaran mencapai Rp55 ribu sampai Rp110 ribu. Bandingkan dengan LGV, dia  hanya membutuhkan sekitar 4 sampai 8 kg gas, cukup Rp17 ribu  sampai Rp34 ribu dia keluarkan uang,” jelas Susilo.

Selain biaya operasional yang menurun, penggunaan LGV diharapkan juga bisa membuat nelayan lebih lama melaut. Hal ini karena ketersediaan LGV dalam kemasan tabung sebagaimana digunakan rumah tangga, membuat nelayan tak akan kehabisan bahan bakar di tengah laut.

Pemerintah telah menyiapkan konverter kit kepada nelayan miskin di seluruh Indonesia untuk dibagikan secara gratis. Tahun ini ditargetkan nelayan yang mendapat konverter gratis adalah nelayan di wilayah Tanjung Jabung Barat, Jambi dan Pacitan, Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya:
Tags: