Pasokan Gas Belum Sesuai Permen ESDM
Berita

Pasokan Gas Belum Sesuai Permen ESDM

Kewajiban PLN untuk meninggalkan BBM belum didukung pasokan gas yang memadai.

CR15
Bacaan 2 Menit
Pasokan Gas Belum Sesuai Permen ESDM
Hukumonline

Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji mengakui pihaknya belum mengetahui secara pasti menganai rencana kenaikan harga gas. Ia mengatakan hanya mendengar kabar tersebut sekelebat saja melalui media massa. Meski demikian, Pamudji menegaskan pihaknya siap mengantisipasi.

“PLN membeli listrik kan dari banyak sumber,” ujarnya.

Saat ini, PLN memiliki visi agar nantinya pembangkit listrik bahan bakar minyak (BBM) dapat seratus persen dikonversi menggunakan gas. Hal ini sejalan dengan program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang mencanangkan konversi BBM ke bahan bakar gas sebagai prioritas nasional.

Peraturan Menteri ESDM No. 12 Tahun 2012 juga mengatur bahwa PLN tidak diperbolehkan lagi membangun pembangkit dengan menggunakan BBM. Banyak pembangkit listrik yang sudah menggunakan gas, seperti di Gresik. Daerah seperti Kalimantan Timur dan Lombok Lorok juga sudah mulai menggunakan gas.

Gas yang dipasok untuk PLN berasal dari beberapa Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas seperti WMO dan Pertamina untuk PLTG di Gresik, dan CNOOC di Cilegon. Selain itu, juga ada pasokan dari PGN yang sampai ke Muara Tawar dan Cilegon.

Di sisi lain, Pamudji mengeluhkan pasokan gas untuk pembangkit listrik belum sesuai dengan pengaturan konversi. Terlebih lagi, dengan adanya rencana kenaikan harga gas juga bisa mempengaruhi harga listrik untuk naik pula. Tentunya, kenaikan harga gas akan membuat ongkos produksi naik pula.

“Harga gas naik, ongkos produksi sudah pasti naik. Bisa saja nantinya listrik naik. Cuma kan, masalahnya kuota gas sendiri belum cukup,” tutur Pamudji di sela-sela acara buka bersama di kantornya.

Saat ini pasokan gas yang tersedia untuk PLN sebesar 390 Terra British Unit (TBU). Sementara itu, kebutuhan PLN diperkirakan mencapai angka 500 TBU. Kekurangan pasokan gas sudah terbukti mengganggu produksi listrik. Contohnya, PLTG di Medan terpaksa harus kembali beroperasi menggunakan BBM karena kekurangan pasokan gas.

Halaman Selanjutnya:
Tags: