Miliki 3 Jurnal Terindeks Scopus, FH Unnes Terus Optimalkan Kerja Sama Global
Law School Stories

Miliki 3 Jurnal Terindeks Scopus, FH Unnes Terus Optimalkan Kerja Sama Global

Menuju fakultas hukum yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Miliki 3 Jurnal Terindeks Scopus, FH Unnes Terus Optimalkan Kerja Sama Global
Hukumonline

Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (FH Unnes) secara resmi memiliki tiga jurnal hukum yang telah terindeks scopus. Jurnal tersebut diantaranya “Pandecta Research Law Journal” dan dua “Journal of Indonesian Legal Studies” yang telah terindeks Scopus. Berbagai Pusat Studi dan Klinik Hukum yang dimiliki FH Unnes pun terus meningkatkan reputasinya baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Hal ini sejalan dengan komitmen FH Unnes untuk bisa bersaing dan bersanding dengan universitas hukum lainnya di kancah internasional. Ketiga jurnal yang telah terindeks scopus itu dinilai menjadi rujukan bagi banyak universitas dan lembaga baik lokal maupun global.

“Kami berani mengatakan di tingkat internasional bersaing dan bersanding dengan universitas internasional. Hal itu karena per tahun 2023, kami telah mempunyai tiga jurnal hukum yang sudah terindeks scopus. Semua itu menjadi rujukan berbagai lembaga tidak hanya nasional, tetapi penulis international untuk ikut menulis di jurnal hukum kami,’’ ujar Dekan FH Unnes Prof Ali Masyhar Mursyid saat berbincang dengan Hukumonline di Kampus FH Unnes, Semarang, Rabu (28/2/2024).

Selengkapnya, simak tautan video berikut ini!

FH Unnes dengan bangga telah menghadirkan 13 jurnal yang memperoleh akreditasi baik nasional maupun internasional yakni Pandecta Research Law Journal (Sinta 2), Journal of Indonesian Legal Studies (Sinta 2), Unnes Law Journal (Sinta 3), Indonesian Journal of Criminal Law Studies (Sinta 4), Journal of Private and Commercial Law (Sinta 4), dan Lex Scientia Law Review (Sinta 4).

Baca Juga:

Selain itu, terdapat 21 jurnal lainnya yang saat ini sedang dalam tahap penilaian akreditasi. Dalam waktu dekat, FH Unnes berharap hasil akreditasi tersebut akan keluar dengan hasil yang memuaskan.

Selain konsisten melakukan internasionalisasi jurnal, FH Unnes juga melakukan kerja sama penelitian dan pengembangan studi internasional dengan berbagai kampus dan lembaga global diantaranya Universitas Southern Queensland (USQ) Australia, Faculty of Law Jindal University India, Sunggong University South Korea, Faculty of Law Thammasat University, Faculty of Law Prince Songkla University, dan Faculty of Law Pathumthani University Thailand. Selain itu, kerja sama dengan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Utrecht, University The Netherlands, Universität Göttingen Jerman, dan Kyoto University.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait