Menkumham Minta Polri Usut Penembakan Kediaman Amien Rais
Berita

Menkumham Minta Polri Usut Penembakan Kediaman Amien Rais

Agar tak menimbulkan kegaduhan di masyarakat, aksi tindak pidana tersebut tak boleh dibiarkan.

RFQ
Bacaan 2 Menit
Menkumham Yasonna Laoly (baju batik, kedua dari kanan). Foto: RES.
Menkumham Yasonna Laoly (baju batik, kedua dari kanan). Foto: RES.
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly, mengaku prihatin dengan insiden penembakan kediaman rumah politisi Amien Rais, di Yogyakarta, Kamis (6/11) dini hari. Menurutnya, peristiwa tersebut semestinya tidak terjadi. Apalagi, Amien Rais merupakan mantan pejabat tinggi MPR dan memiliki peran dalam sejarah era reformasi 1998.

Atas peristiwa itu, Yasonna meminta Polri segera menindak tegas aksi teror tersebut. “Kita minta polisi segera menindak itu,” ujar Menkumham.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga mendesak Polri segera mengusut aksi teror terhadap Amien Rais. Soalnya, teror di tengah masyarakat. “Kita minta aparat kepolisian bergerak cepat dengan segera menangkap pelakunya dan mengungkap motif di balik teror penembakan di rumah Pak Amin,” ujarnya, di Gedung MPR.

Fahri berpandangan, suasana gaduh tak dimanfaatkan pihak berkepentingan jika Polri segera menangkap pelaku penembakan. Ia berharap kepolisian segera melacak keberadaan pelaku. Setidaknya, dengan melakukan identifikasi selongsong peluru yang berada di kediaman tokoh reformasi 98 itu, polisi segera mendapatkan bukti pendukung dalam rangka melacak pelaku.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu lebih lanjut mengatakan, aparat kepolisian tak boleh lengah sedikitpun menghadapi kondisi tersebut. Soalnya, pelaku teror boleh jadi terus mengintai untuk menciptakan suasana yang tidak kondusif. Ia khawatir jika tidak cepat diungkap justru akan merembet ke aksi berikutnya.

Anggota DPR Teguh Juarno mengaku terkejut dengan adanya aksi teror di rumah pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu. Menurutnya, aksi tindak pidana tersebut tak boleh dibiarkan. Ia pun meminta kepolisian segera mengungkap siapa pelaku aksi tersebut.

Selain itu, motif pelaku melakukan teror terhadap kediaman Amien perlu diungkap hingga tuntas. “PAN meminta aparat mengungkap motif di balik tindakan teror yang dilakukan ini,” ujar politisi PAN itu.

Putra Sulung Amien Rais yang juga Wakil Ketua Komisi I, A Hanafi Rais, mengatakan insiden terjadi pada pukul dua dini hari. Ia menduga pelaku menggunakan senjata berpeluru. Menurutnya, keadaan sehari-hari di kediaman sang ayah terbilang relatif aman meskipun tak ada penjagaan ketat.

Ia yakin, atas aksi tersebut pelaku meninggalkan jejak. Maka dari itu, ia berharap polisi bertindak cepat untuk membongkar aksi tersebut. Ia mengatakan apapun motif teror tersebut mesti dilawan. Apalagi di era demokrasi dan keterbukaan, cara teror tak boleh dibiarkan.

Sementara Sekjen DPP PAN yang juga Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan mengatakan tembakan yang mengenai kendaraan Toyota Harrier meninggalkan jejak berupa proyektil peluru. Ia berharap aparat segera mengungkap pelaku beserta motifnya. “Kami berharap aparat kepolisian mengusut tuntas,” katanya.

Tags:

Berita Terkait