Melihat Keunggulan FH Universitas Lambung Mangkurat
Utama

Melihat Keunggulan FH Universitas Lambung Mangkurat

Letak kampus yang berada pada wilayah kaya aneka ragam hayati membuat FH ULM memiliki karakteristik tersendiri dalam pengembangan kurikulum pendidikan hukum. FH ULM juga menyusun kurikulum yang mengarahkan mahasiswa dapat memahami permasalahan hukum berkaitan teknologi.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 3 Menit
Hukumonline
Hukumonline

Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (FH ULM), Banjarmasin, Kalimantan Selatan memiliki perhatian khusus terhadap ilmu hukum lingkungan. Lokasi kampus yang berada di wilayah kaya aneka ragam hayati dan satwa langka ini menjadi dasar bagi kampus dalam mengembangkan pendidikan tinggi hukumnya.

Dekan FH ULM Prof Achmad Faishal menyampaikan pengembangan kurikulum memang disesuaikan dengan kondisi sosial dan geografis wilayah sekitar, khususnya Kalimantan Selatan. Hal tersebut juga sesuai dengan visi kampus yaitu menjadikan fakultas hukum terkemuka dan berdaya saing tingkat nasional di bidang ilmu hukum berdasarkan pada nilai-nilai pengelolaan lingkungan basah.

“Visi FH ULM mengembangkan pendidikan hukum terintegrasi dengan nilai-nilai kearifan lokal, dan sumber daya lahan basah. Basis dari keunggulan ini diupayakan dari lingkungan belajar humanis, inovatif dan proaktif terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi,” ungkap Faishal saat berbincang dengan Hukumonline di Kampus FH ULM, Palembang, Rabu (24/7/2024).

Baca Juga:

Selengkapnya, simak tautan video berikut ini!

Faishal menjelaskan untuk mendukung kegiatan tri dharma FH ULM memiliki sejumlah fasilitas unggul seperti gedung peradilan semu hingga ruang kelas yang didukung peralatan multimedia serta tenaga pengajar yang kompeten. Dalam waktu dekat, FH ULM melalui program universitas juga akan memiliki fasilitas hutan pendidkan lahan basah mangrove terbesar di Indonesia.

Selama ini Program Studi (Prodi) S1 FH ULM memiliki empat bidang konsentrasi yaitu hukum pidana, hukum perdata (hukum bisnis), hukum tata negara, dan hukum acara. Sementara itu, pada Program Studi  S2 FH ULM memiliki bidang konsentrasi yaitu hukum kesehatan, hukum pidana, hukum tata negara, hukum bisnis, dan magister kenotariatan. Terdapat juga Program Studi S3 Ilmu Hukum.

“Ke depan kita ingin berkembang lebih jauh menuju pada standar internasional.” 

FH ULM juga menyadari perkembangan teknologi yang pesat mengharuskan pengembangan ilmu hukum agar mengikuti kondisi masyarakat. Untuk itu, FH ULM juga menyusun kurikulum yang mengarahkan mahasiswa dapat memahami permasalahan hukum berkaitan teknologi.

Tags:

Berita Terkait