Mau Magang di Luar Negeri? Mahkamah Pidana Internasional Buka Peluang Internship
Terbaru

Mau Magang di Luar Negeri? Mahkamah Pidana Internasional Buka Peluang Internship

Terdapat berbagai peluang magang di ICC terbuka bagi mahasiswa hukum tingkat akhir atau Sarjana Hukum. Mulai dari magang di bidang Human Resources, Public Counsel for Victims, dan lain-lain. Batas akhir melamar di bulan Maret 2024.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Gedung Mahkamah Pidana Internasional di Den Haag. Foto: www.hrw.org
Gedung Mahkamah Pidana Internasional di Den Haag. Foto: www.hrw.org

International Criminal Court (ICC) atau Mahkamah Pidana Internasional merupakan peradilan permanen yang memegang komitmen dalam perjuangan global untuk mengakhiri impunitas. Mahkamah Pidana Internasional yang berkedudukan di Den Haag bertujuan menuntut pertanggungjawaban pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kejahatan dan berupaya mencegah kejahatan serupa kembali terjadi. 

Dilansir laman resmi ICC, Mahkamah berupaya melengkapi dan bukan menggantikan pengadilan nasional serta keberadaannya telah diatur oleh Statuta Roma. Kini, ICC membuka sejumlah program internship(magang). Antara lain Internship - Unified Teams - Legal; Internship - Detention Center; Internship - Judicial Cooperation Unit, Judicial Cooperation Support Section; Internship - Human Resources Section - Legal & Policy; Internship - Office of Public Counsel for Victims; serta Internship - Office of the Director, Division of Eхternal Operations.

Untuk posisi Internship - Judicial Cooperation Unit, Judicial Cooperation Support Section, kandidat disyaratkan ada beberapa kualifikasi yang dibutuhkan. Diantaranya berlatar belakang akademis di bidang hukum atau bidang terkait ATAU gelar di bidang hukum atau kualifikasi hukum yang relevan atau berada di tingkat akhir studi mereka di universitas yang diakui; menunjukkan pengetahuan yang sangat baik dalam hukum pidana internasional/nasional; hukum perbandingan dan kriminologi; hukum internasional publik; hukum humaniter internasional atau hak asasi manusia. 

Kemahiran dalam salah satu bahasa kerja Mahkamah seperti Perancis atau Inggris diperlukan. Pengetahuan tentang bahasa resmi Mahkamah lainnya (Arab, Cina, Rusia dan Spanyol) merupakan suatu aset. Selengkapnya untuk persyaratan dan mendaftarkan diri bisa dicek melalui tautan berikut ini. Batas akhir pendaftaran untuk posisi ini 1 Maret 2024 tengah malam waktu Den Haag.

Kemudian Internship - Unified Teams - Legal, semua kandidat harus memiliki gelar atau sedang dalam tingkat akhir studi mereka di universitas yang diakui. Kandidat diharapkan memiliki catatan prestasi akademik yang sangat baik. Dengan kemahiran dalam salah satu bahasa kerja Mahkamah yakni Perancis atau Inggris diperlukan. Pelajari syarat-syarat lengkapnya dan daftarkan diri melalui tautan berikut. Deadline pendaftaran posisi ini 10 Maret 2024 tengah malam waktu Den Haag.

Bila tertarik Internship - Office of Public Counsel for Victims, semua kandidat harus memiliki gelar Sarjana Hukum atau sedang dalam tingkat akhir studi hukum di universitas yang diakui. Studi di bidang hukum pidana, hukum internasional publik, hukum humaniter, hukum hak asasi manusia, atau hukum perbandingan akan menjadi aset. Kemahiran dalam salah satu bahasa kerja Mahkamah, Perancis atau Inggris, diperlukan. Pelajari kualifikasi selengkapnya dan segera daftarkan diri sebelum 15 Maret 2024 pada laman berikut ini.

Bagi yang berminat untuk Internship - Detention Center, kandidat harus memiliki gelar atau sedang dalam tingkat akhir studi di universitas yang diakui di bidang hukum, hubungan internasional atau bidang terkait lainnya. Kemahiran dalam salah satu bahasa kerja Mahkamah (Prancis atau Inggris) diperlukan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kualifikasi esensial, lanjutkan dengan memeriksa tautan yang disematkan. Batas waktu pendaftaran berakhir pada 17 Maret 2024.

Prospek magang lain yang dapat diikuti di ICC saat ini adalah Internship - Human Resources Section - Legal & Policy. Semua kandidat harus memiliki gelar di bidang hukum atau kualifikasi hukum yang relevan atau sedang dalam tahap akhir studi hukum di universitas yang diakui, menunjukkan pengetahuan yang sangat baik di bidang hukum internasional (administrasi/publik/ketenagakerjaan). Mereka harus mahir berbahasa Prancis atau Inggris. Jika Anda berminat, kirimkan lamaran Anda sebelum 31 Maret 2024. Pelajari lebih lanjut persyaratannya dan lamar melalui tautan ini.

Sedangkan, untuk Internship - Office of the Director, Division of Eхternal Operations kandidat harus memiliki latar belakang akademis di bidang ilmu politik, hukum, manajemen, jurnalisme/informasi publik, atau bidang terkait. Kandidat memiliki kemampuan berbahasa Inggris atau Perancis. Peluang ini terbuka hingga 31 Maret 2024 tengah malam waktu Den Haag. Jika tertarik, pelajari lebih lanjut tentang posisi ini dan lamar melalui situs terlampir berikut ini.

Patut dicatat magang di ICC tidak didanai. ICC menyatakan bahwa mereka tidak dapat memberikan remunerasi apapun kepada peserta Magang, juga tidak dapat memberikan penggantian atas biaya yang dikeluarkan sebelum, selama, atau setelah magang atau penempatan profesional kunjungan. Oleh karena itu pelamar harus mampu menghidupi dirinya sendiri selama 6 bulan masa magang di Den Haag, Belanda.

Tags:

Berita Terkait