MA Resmi Buka Lomba Analisis Putusan Bagi Mahasiswa
Aktual

MA Resmi Buka Lomba Analisis Putusan Bagi Mahasiswa

ASH
Bacaan 2 Menit
MA Resmi Buka Lomba Analisis Putusan Bagi Mahasiswa
Hukumonline
Meski pendaftaran sudah dimulai sejak 26 November 2013, lomba pencarian dan analisis putusan bagi mahasiswa hukum dan syariah se-Indonesia di direktori MA baru resmi dibuka oleh MA.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim kami luncurkan acara lomba pencarian dan analisis putusan di direktori MA yang jumlah sekilar 700.305 ribu dengan perguruan tinggi seluruh Indonesia,” tutur Ketua Panitia Lomba Pencarian Putusan bagi Mahasiswa Hukum dan Syariah se-Indonesia, Soeroso Ono di Gedung MA, Kamis (23/1).

Soeroso mengatakan hingga saat ini pendaftar lomba baik secara perseorangan maupun kelompok tercatat sudah 146 perguruan tinggi. “Kita berharap semua perguruan tinggi ikut andil dalam lomba ini karena semakin banyak pendaftarnya akan semakin bagus,” kata Panitera MA ini.

Dekan Fakultas Hukum dan Syariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Oyo Sunaryo mengharapkan perlombaan ini dapat dijadikan sarana sosialisasi publik terkait kemudahan mengakses putusan pengadilan melalui direktori MA, khususnya bagi mahasiswa fakultas hukum seluruh Indonesia. Dia mengatakan lomba analisis putusan ini dapat meningkatkan pendidikan hukum berbasis penelitian bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi dunia peradilan dan dunia pendidikan hukum,” harapnya. Dia juga berharap kerja sama ini bisa ditindaklanjuti dengan kerja sama lain yang dapat memberikan feed back kepada semua pihak khususnya bagi dunia peradilan dan pendidikan hukum di Indonesia.

Untuk diketahui, Fakultas Hukum dan Syariah UIN Gunung Djati Bandung bekerja sama dengan MA dan didukung Australia Indonesia Partnership for Justice menyelenggarakan Lomba Pencarian Putusan bagi Mahasiswa Hukum dan Syariah se-Indonesia. Pendaftaran lomba pencarian dan analisis putusan ini dibuka sejak 26 November hingga 15 Februari 2014 melalui di http://lombaputusan.mahkamahagung.go.id.  

Proses seleksi dilakukan secara bertingkat mulai dari tingkat wilayah hingga final tingkat nasional dengan memperebutkan hadiah dan uang yang totalnya Rp79 juta. Misalnya, untuk kategori perseorangan juara I akan mendapat hadiah Rp7,5 juta, juara II mendapat Rp5juta, dan juara III mendapat Rp4 juta. Untuk kategori kelompok, juara I akan mendapat Rp22,5 juta, juara II dan III akan mendapat Rp15 juta dan Rp12 juta.
Tags: