KY Terima 70 Pendaftar Calon Hakim Agung
Aktual

KY Terima 70 Pendaftar Calon Hakim Agung

ASH
Bacaan 2 Menit
KY Terima 70 Pendaftar Calon Hakim Agung
Hukumonline

Hingga penutupan pendaftaran seleksi calon hakim agung (CHA) hari ini, Jum’at (22/2), KY menerima berkas pendaftaran dari 70 pendaftar. Dari 70 pendaftar, 46 pendaftar berasal dari jalur karier, sisanya 24 pendaftar berasal dari jalur nonkarier.

“Tetapi, dalam beberapa hari ke depan kita masih akan menunggu berkas pendaftaran yang dikirim melalui pos dengan cap pos terakhit tanggal 22 Februari 2013,” kata Juru Bicara KY, Asep Rahmat Fajar melalui pesan singkat, Jum’at (22/2).

Diakui Asep, dari sisi kuantitas jumlah pendaftar menurun dari seleksi CHA sebelumnya. KY  memandang hal itu merupakan hal yang wajar lantaran tahapan seleksi kali ini cukup berat.

“Mungkin juga banyak peserta yang merasa belum siap untuk ikut seleksi kali ini karena adanya persyaratan baru, peserta yang boleh mendaftar tidak pernah dua kali gagal berturut-turut, tetapi masih diberi kesempatan ikut seleksi berikutnya,” jelasnya. Selanjutnya, KY akan mengumumkan seleksi administrasi ini pada awal Maret ini.      

KY telah membuka pendaftaran seleksi CHA periode pertama tahun 2013 sejak 4 Februari hingga 22 Februari 2013 mendatang. Mengacu surat Ketua MA No. 08/KMA/HK.01/I/2013 tanggal 17 Januari 2013, MA membutuhkan tujuh hakim agung untuk menggantikan enam hakim agung yang pensiun atau dipecat, plus untuk mengisi satu posisi dari kekurangan pada seleksi sebelumnya.

Tags: