KY Baru Terima 17 Pendaftar CHA
Aktual

KY Baru Terima 17 Pendaftar CHA

ASH
Bacaan 2 Menit
KY Baru Terima 17 Pendaftar CHA
Hukumonline

Selama dua pekan sejak pendaftaran seleksi Calon Hakim Agung (CHA) dibuka, KY baru menerima 17 orang pendaftar. Padahal, tenggang waktu pendaftaran tersisa satu minggu lagi.

Melalui pesan singkat, Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar mengatakan dari 17 nama yang sudah mendaftarkan diri, 12 diantaranya adalah hakim karier. Sisanya dari jalur non karier. Animo pendaftar CHA yang minim ini kontras dengan target 100 pendaftar yang dicanangkan KY. Namun begitu, KY berharap masih banyak calon yang mau mendaftarkan diri di sisa tenggang waktu.

“KY masih optimis target jumlah pendaftar akan terpenuhi. Sebab, berkaca dari pengalaman sebelumnya, menjelang akhir masa pendaftaran biasanya jumlah pendaftar akan melonjak tajam,” kata Asep. 

KY telah membuka pendaftaran seleksi CHA periode pertama tahun 2013 sejak 4 Februari hingga 22 Februari 2013 mendatang. Mengacu surat Ketua MA No. 08/KMA/HK.01/I/2013 tanggal 17 Januari 2013, MA membutuhkan tujuh hakim agung untuk menggantikan enam hakim agung yang pensiun atau dipecat, plus untuk mengisi satu posisi dari kekurangan pada seleksi sebelumnya.

Tags: