Kutipan Penting Prof. Erman Rajagukguk yang Selalu Diingat Kolega
Terbaru

Kutipan Penting Prof. Erman Rajagukguk yang Selalu Diingat Kolega

“Hukum itu tidak selalu tegak. Sekali tegak, sekali runtuh. Karena, ia tergantung pada tingkah laku manusia. Tugas kita adalah: tegakkan ketika runtuh, berdirikan ketika rubuh.”

Fitri Novia Heriani
Bacaan 4 Menit
Guru Besar FHUI Prof. Harkristuti Harkrisnowo. Foto: HOL
Guru Besar FHUI Prof. Harkristuti Harkrisnowo. Foto: HOL

Kepergian Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Prof. Erman Rajagukguk pada akhir Agustus lalu meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi para koleganya. Pun demikian, selaku pribadi yang kerap bekerja sama dalam mengembangkan pemikiran ilmu hukum, Guru Besar FHUI Prof. Harkristuti Harkrisnowo punya banyak kenangan bersama Prof. Erman semasa hidupnya.

Salah satu hal yang paling diingat oleh Prof. Tuti adalah tiga kutipan penting yang pernah diucapkan Prof. Erman. Pertama, “Kerupuk kau.. jangan lihat matahari sebelum disertasi-mu selesai!.” Kutipan ini menjadi fenomenal di kalangan mahasiswa FH USU dan ditujukan bagi mahasiswa yang bermalas-malasan.

“Kutipan ini buat mahasiswa, terutama buat mahasiswa yang malas-malasan. Dan jangan tanya berapa banyak mahasiswa yang malas,” kenang Prof. Tuti dalam Tribute to Prof. Erman: Mengenang Prof. Erman Rajagukguk, Sang Pendidik Sejati, yang diselenggarakan oleh Hukumonline dan STH Indonesia Jentera, Selasa (4/10).

Baca Juga:

Kutipan kedua dari Prof. Erman ditujukan kepada akademisi. “Hukum itu tidak selalu tegak. Sekali tegak, sekali runtuh. Karena, ia tergantung pada tingkah laku manusia. Tugas kita adalah: tegakkan ketika runtuh, berdirikan ketika rubuh.”

“Saya yakin ini bukan tugas sederhana dan bukan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, dan perlu roadmap dan analisis yang tajam,” ujar Prof. Tuti.

Ketiga adalah kutipan Prof. Erman yang ditujukan kepada aparat penegak hukum. Beliau mengatakan bahwa “Penegak hukum tolonglah dalami Surah An-Nissa ayat 155 dan Surah Al-Baqarah ayat 188, yang intinya jadilah kamu penegak keadilan dan mulailah dari adil pada dirimu sendiri. Jangan mengambil milik orang lain.”

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait