KPK Akan Konfirmasi Keterangan JK ke Boediono
Aktual

KPK Akan Konfirmasi Keterangan JK ke Boediono

ANT
Bacaan 2 Menit
KPK Akan Konfirmasi Keterangan JK ke Boediono
Hukumonline
Komisi Pemberantasan Korupsi akan mengkonfirmasi keterangan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait Bank Century kepada mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono.

"Itu kan keterangan satu pihak. Kalau dalam hukum, keterangan yang berdiri sendiri harus kami konfirmasi dengan keterangan lain. Kami tidak boleh, misalnya satu pihak memberikan keterangan, inilah yang kami anggap benar," kata Ketua KPK Abraham Samad di Gedung KPK Jakarta, Kamis malam.

Keterangan Jusuf Kalla tersebut disampaikan dalam persidangan perkara pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek kepada Bank Century di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis.

KPK, menurut Abraham, berusaha mengungkap aktor intelektual dari keterangan-keterangan saksi dalam persidangan perkara pemberian FPJP kepada Bank Century dan penetapan bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik di Pengadilan Tipikor Jakarta.

"Ini adalah keseriusan KPK dalam membongkar kasus Century. Tidak boleh ada yang tersisa karena jika tersisa akan jadi sejarah bagi generasi selanjutnya," kata Abraham.

Abraham mengharapkan Wakil Presiden Boediono yang juga mantan Gubernur Bank Indoneisa memberikan keterangan sejujurnya agar kasus pemberian FPJP Century tidak meninggalkan pertanyaan-pertanyaan.

Pimpinan KPK, lanjut Abraham, akan mengikuti persidangan perkara pemberian FPJP kepada Bank Century yang akan digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Jumat (9/5) melalui monitor di Gedung KPK.
Tags: