Kongres PP INI Akan Jadi Pilot Project I-Voting
Utama

Kongres PP INI Akan Jadi Pilot Project I-Voting

I-voting bisa menjadi solusi yang mengakomodir keinginan proses pemungutan suara yang lebih masif.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Ketua Umum PP INI, Yualita Widyadhari. Foto: RES
Ketua Umum PP INI, Yualita Widyadhari. Foto: RES

Jelang Kongres XXIV Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) yang akan dilaksanakan Agustus 2023, tim kongres PP INI akan menggunakan sistem i-voting untuk melakukan pemilihan yang dapat menjangkau 19 ribu anggota di seluruh Indonesia.

Saat sosialisasi i-voting di Jakarta pada Senin (17/7), Ketua Umum PP INI, Yualita Widyadhari, mengatakan akibat banyaknya dinamika yang berkembang, Kementerian Hukum dan HAM selaku pembina dan pengawas organisasi mengambil kebijakan untuk melakukan i-voting nasional pada Kongres PP INI.

“Sejak hal tersebut dianjurkan oleh Kumham, pelaksanaan i-voting merupakan kerjasama yang intens baik bersama Kumham, Kominfo, BSSN, PSrE dan melibatkan tiga tim PP INI yaitu tim pemilihan, tim verifikasi, dan tim pengawas,” jelas Yualita.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk menepis keraguan dari pelaksanaan i-voting. I-voting yang akan dilaksanakan untuk Kongres XXIV PP INI juga menjadi pilot project yang dapat dicontoh dan digunakan oleh organisasi dan badan hukum lainnya di Indonesia.

Baca Juga:

Pada kesempatan tersebut, Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Teguh Arifiyadi, mengatakan keterlibatan Kominfo dalam pemilihan ketua umum PP INI sesuai dengan surat dari Kementerian Hukum dan HAM.

Surat No. AHU.UM.01.01-147 tanggal 3 Maret 2023 yang berisi instruksi penundaan pelaksanaan kongres INI ke XXIV dan agar pemilihan ketua umum dan dewan kehormatan pusat INI dilaksanakan dengan metode e-voting nasional dengan melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Tags:

Berita Terkait