Komitmen IndoLaw Berjejaring dan Berkolaborasi
Terbaru

Komitmen IndoLaw Berjejaring dan Berkolaborasi

Kemampuan berjejaring seorang advokat harus mumpuni agar tidak kesulitan mendapatkan informasi terbaru, isu hukum terhangat, serta kesempatan dalam pengembangan karier.

Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Officium Nobile IndoLaw (IndoLaw). Foto: istimewa.
Officium Nobile IndoLaw (IndoLaw). Foto: istimewa.

Dalam industri hukum yang menuntut kecepatan dan ketepatan, semua pihak berlomba untuk dapat memberikan hasil terbaik dalam pekerjaannya; menghasilkan sesuatu yang berdampak bagi dirinya dan banyak orang; serta memberikan hasil yang memuaskan bagi klien. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap advokat harus dapat menemukan dan menentukan strategi menjalankan pekerjaannya. Salah satu cara efektif dan menjadi kunci penting keberhasilan membuka peluang, adalah membangun jaringan atau berjejaring dan berkolaborasi dengan berbagai pihak yang relevan.

 

Berjejaring merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh seorang advokat. Selain dapat berinteraksi dengan berbagai kalangan dan latar belakang, berjejaring juga berpotensi membuka peluang bisnis dan kerja sama. Di sisi lain, dengan berjejaring dan belajar dari pengalaman orang lain, advokat juga dapat mengembangkan diri dan keterampilan sosial yang berguna dalam karier maupun kehidupan sehari-hari.  

 

Pada era digital, berjejaring sekaligus membangun reputasi yang baik dapat dilakukan dengan bantuan media sosial. Dalam hal ini, kemampuan berjejaring seorang advokat harus mumpuni agar tidak kesulitan mendapatkan informasi terbaru, isu hukum terhangat, serta kesempatan dalam pengembangan karier.

 

Direktur Officium Nobile IndoLaw (IndoLaw), Adv. Anisha Wahyuningtyas yg akrab disapa Icha, mengungkapkan, salah satu tips sukses di bidang hukum adalah dengan menjadikan jaringan sebagai prioritas. "Menjalin hubungan baik dengan sesama rekan profesi untuk memajukan karier. Selain itu, gunakan media sosial untuk membangun hubungan bisnis dengan profesional lain," katanya.

 

Di sisi lain, Adv. Giovanny Philip Oktavia Louhenapessy yang biasa disapa Gio sebagai penggawa termuda di IndoLaw berujar, membangun relasi dengan berbagai pihak bukan hanya menguntungkan bagi kantornya. Secara pribadi, Gio mengatakan bahwa banyak pelajaran yang dapat ia ambil dari pihak-pihak yang sudah bekerja sama dengan kantornya.

 

“Saya melihat senior-senior saya bisa sukses seperti sekarang karena cara mereka berkomunikasi dan tidak pernah menutup diri dari orang lain, sehingga peluang kerja sama selalu terbuka,” kata Gio.

 

Pentingnya Kolaborasi

Selain berjejaring, kemampuan berkolaborasi atau bekerja sama juga menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari dalam dunia kerja. Apalagi, kerja sama atau kolaborasi dalam menangani suatu perkara maupun bidang hukum sudah lazim dikerjakan, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai advokat.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait