Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid: Munaslub Kadin 2024 Ilegal
Utama

Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid: Munaslub Kadin 2024 Ilegal

Kadin Indonesia akan menjatuhkan sanksi terhadap anggotanya yang menyalahi aturan atas penyelenggaraan Munaslub ilegal pada Sabtu 14 September 2024. Langkah hukum perdata dan pidana juga akan ditempuh.

Ady Thea DA
Bacaan 4 Menit
Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid (tengah memegang mikrofon) bersama jajaran pengurus dan 21 Ketua Umum Kadin Provinsi. Foto: ADY
Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid (tengah memegang mikrofon) bersama jajaran pengurus dan 21 Ketua Umum Kadin Provinsi. Foto: ADY

Desakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang disuarakan sejumlah pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi dan Anggota Luar Biasa (ALB) akhirnya digelar Sabtu (14/9/2024) di Jakarta. Hasilnya memilih Anindya N. Bakrie menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia. Sebelumnya, putra sulung Abu Rizal Bakrie itu menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.

Sehari setelahnya, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid membantah hasil Munaslub “Kadin” 2024. Arsjad menyayangkan terjadinya Munaslub yang digelar secara ilegal. Kegiatan itu merupakan upaya individu dan kelompok yang mencoba mengambil alih kepemimpinan Kadin Indonesia dengan menyalahi aturan yang berlaku. “Kegiatan Munaslub atas nama Kadin Indonesia kemarin itu tidak sah,” katanya kepada awak media, Minggu (15/09/2024).

Hukumonline.comKetua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid (duduk di tengah) bersama jajaran pengurus dan 21 Ketua Umum Kadin Provinsi. Foto: ADY

Sebelumnya Anindya mengatakan ingin bekerja sama lebih erat dengan pemerintah, baik pemerintahan Presiden Joko Widodo maupun Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya Kadin mitra strategis pemerintah. Hasil Munaslub ini diharapkan membuat hubungan Kadin dan pemerintah semakin baik.

Baca juga:

Respons Kadin Indonesia Soal Usulan Munaslub

Ini Harapan Dunia Usaha Terhadap Reshuffle Kabinet Jokowi di Akhir Masa Jabatan

“Baik pemerintahan Pak Jokowi yang telah memerintah selama sepuluh tahun dengan baik, maupun juga pemerintahan nantinya Pak Prabowo dan Mas Gibran. Jadi, sebagai mitra strategis,” kata Anindya usai dipilih dalam Munaslub, sebagaimana dikutip antaranews.com, Sabtu (14/09/2024) kemarin. Ia berharap melalui kerja sama yang baik itu Indonesia dapat mengejar target pertumbuhan ekonomi sebesar delapan persen year on year (yoy).

Sejumlah pejabat hadir dalam Munaslub itu seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan P. Roeslani, dan Wakil Ketua Kadin Indonesia Erwin Aksa. Presiden Komisaris PT Blue Bird Tbk, Bayu Priawan hadir sebagai Ketua Pelaksana Munaslub Kadin 2024.

Tak Sesuai Aturan

Arsjad menegaskan Kadin Indonesia dan mayoritas Kadin Provinsi tidak mengakui hasil Munaslub. Kadin Indonesia merupakan lembaga Independen, sebagai rumah bersama bagi pelaku usaha seluruh Indonesia.UU No.1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri (UU Kadin) memandatkan hanya ada satu Kadin Indonesia. Hal itu juga ditegaskanKeppres No.18 tahun 2022 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Kamar Dagang dan Industri (Keppres AD/ART Kadin).

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait