Ketua AMSI Tegaskan Konsisten Bangun Ekosistem Media Sehat dan Berkualitas
Terbaru

Ketua AMSI Tegaskan Konsisten Bangun Ekosistem Media Sehat dan Berkualitas

AMSI akan terus konsisten membesarkan industri media digital Indonesia agar makin sehat bisnisnya dan makin berkualitas kontennya, sebagaimana kita deklarasikan dan cita-citakan bersama.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut. Foto: ADY
Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut. Foto: ADY

Mundurnya 15 media dari keanggotaan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) memunculkan beragam respons publik. Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengakui 15 media itu merupakan bagian dari 470 anggota AMSI yang ada di 27 provinsi di seluruh Indonesia. Dari 15 media yang sudah mengundurkan diri itu, 8 merupakan bagian dari 26 media pendiri AMSI. 

Wenseslaus mengatakan pengurus pusat AMSI sudah menerima surat pengunduran diri 15 media itu dan berusaha memahami isinya, serta sudah pula mengirim balasan yakni menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama membesarkan asosiasi ini. Seperti organisasi lainnya, AMSI juga penuh dinamika.

"Ini hal wajar bagi organisasi manapun, dan dari situlah seringkali sebuah organisasi tumbuh dan hidup serta berupaya tetap berguna bagi anggota dan masyarakat umum," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (29/7).

Baca Juga:

Sejumlah anggota AMSI, menurut Wenseslaus, mendukung organisasi untuk meneruskan misi dan program. Sampai saat ini pengurus pusat dan anggota AMSI menilai belum jelas dinamika mana yang menjadi alasan pengunduran diri tersebut. Tidak jelas visi awal mana yang dianggap tak lagi sejalan begitu juga program yang dianggap melanggar kesepakatan. Tapi yang pasti 18 April 2017 AMSI didirikan dengan tujuan yang disepakati bersama: mendorong ekosistem media di Indonesia menjadi sehat, menghargai jurnalisme berkualitas, patuh pada serangkaian kode etik, dan tunduk pada kepentingan publik.

Dalam 6 tahun terakhir AMSI fokus pada serangkaian program perbaikan internal, membenahi konten, mendorong perbaikan sisi teknologi, model bisnis, memotivasi anggota agar memelihara relevansi dengan kebutuhan publik, sembari terus beradapsi dengan perkembangan dunia digital yang berubah begitu cepat.

Demi semua tujuan itu, AMSI bekerjasama dengan lembaga pemerintahan, kampus, perusahaan swasta di dalam negeri maupun luar negeri, serta banyak lembaga internasional. AMSI juga aktif sebagai konsituen Dewan Pers merumuskan regulasi dan kebijakan untuk merawat dan menjaga kebebasan pers serta meningkatkan kualitas jurnalis dan pers di Indonesia.

Tags:

Berita Terkait