Kenaikan BBM Tunggu Pembahasan RAPBNP 2013
Berita

Kenaikan BBM Tunggu Pembahasan RAPBNP 2013

Perlu ada pemikiran baru dari pemerintah seperti meningkatkan penarikan pajak di sektor batubara, daripada harus menaikkan harga BBM.

FAT
Bacaan 2 Menit
Kenaikan BBM Tunggu Pembahasan RAPBNP 2013
Hukumonline

Kebijakan kenaikan harga subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) rencananya akan diputus pada minggu ketiga bulan Juni 2013. Keputusan kenaikan harga BBM menunggu hasil pembahasan RAPBNP 2013 yang tengah dilakukan dewan dan pemerintah. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar, Senin (27/5), di DPR.

Mahendra mengatakan, semakin lama kebijakan kenaikan harga subsidi BBM diambil, maka akan semakin meningkat pula volume subsidi yang akan dikeluarkan oleh negara. “Kenaikan BBM akan dilihat jadwalnya dengan pembahasan RAPBNP (2013, red),” kata Mahendra.

Menteri Keuangan Chatib Basri percaya kenaikan harga subsidi BBM akan memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Hal ini pula yang menjadikan pemerintah menetapkan perubahan kurs rupiah di RAPBNP 2013 menjadi Rp9600 dari nilai sekarang yang bergerak di level Rp9700-an.

Menurut Chatib, dengan adanya kenaikan harga BBM maka permintaan impor minyak akan menurun. Hal itu pula yang menyebabkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan menguat dan terjadinya defisit pada transaksi berjalan.

"Penurunan impor minyak akan terjadi jika konsumsi BBM bersubsidi menurun yang disebabkan oleh adanya kenaikan harga," ujarnya.

Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini menjelaskan, perubahan asumsi makro ekonomi pada APBNP 2013 tak terlepas dari perubahan pada perkembangan ekonomi dunia. Selain itu, perubahan ini juga tak terlepas dari adanya pertumbuhan ekonomi 2013 yang sebesar 6,2 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo berharap agar masyarakat tidak terburu-buru panik akan adanya rencana kebijakan kenaikan harga BBM. Ia khawatir kejadian pada tahun lalu terulang lagi, di mana harga kebutuhan masyarakat sudah naik sebelum pemerintah memutuskan menaikkan harga BBM.

Tags:

Berita Terkait