Kapolri Akui Ada Pungli di Jalan Raya
Aktual

Kapolri Akui Ada Pungli di Jalan Raya

Rfq
Bacaan 2 Menit
Kapolri Akui Ada Pungli di Jalan Raya
Hukumonline

Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengaku tak menutup mata terhadap masih adanya oknum polisi lalu lintas yang melakukan pungutan liar di jalan raya. Kapolri tak menampik anggotanya yang melakukan perbuatan tercela itu. "Di jalan raya masih ada pungli oleh oknum. Kami tidak menutupi itu," ujarnya, Senin (27/2).

Untuk mencegahnya, Kapolri berharap selain pengawasan internal, masyarakat berperan aktif melakukan pengawasan terhadap ulah oknum aparat polisi lalu lintas di jalan raya. Dalam sambutan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Polri, jenderal polisi bintang empat itu menegaskan agar polantas melakukan teguran simpatik kepada pengguna jalan yang melanggar lalu lintas, bukan sebaliknya melakukan pungli.

Polantas perlu melakukan pengawasan intensif terhadap pelanggar disiplin yang berpotensi menimbulkan kemacetan lantas dan kecelakaan. Lebih jauh, Timur mengatakan Polantas harus mampu menanggulangi dan mengurai kemacetan lantas yang makin parah.

Timur juga berharap aparat kepolisian mengubah mindset dan kultur ke arah tugas yang lebih profesional. "Ubah mindset dan cultureset anggota Polantas ke arah pelaksanaan tugas yang profesional, cerdas, bermoral, humanis dan modern melalui peningkatan kompetensi pembinaan moral dan agama," pungkas mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Tags: