Kalangan Notaris Diimbau Bersatu
Aktual

Kalangan Notaris Diimbau Bersatu

ant
Bacaan 2 Menit
Kalangan Notaris Diimbau Bersatu
Hukumonline

Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sri Rachma Chandrawati mengharapkan notaris seluruh Indonesia bersatu dan melepaskan perbedaan pascakongres INI lanjutan yang berlangsung 16 Juni 2012.

"Kami juga siap mengakomodir semua pihak sejak awal," kata Rachma di Jakarta, Jumat, usai buka puasa bersama jajaran notaris.

Kongres INI sempat ricuh. Pada Kongres INI XXI awal pertengahan Januari 2012 berlangsung ricuh sehingga diputuskan dilakukan kongres lanjutan.

Kongres lanjutan yang berlangsung 16 Juni di Jakarta juga sempat berlangsung ricuh. Sebagain anggota tetap melaksanakan kongres yang menghasilkan Rachma sebagai ketua umum, sementara peserta lainnya tidak mengakui.

"Mungkin sebelum kongres ada perbedaan. Setelah kongres mari kita bersama," ajak Rachma. Rachma mengatakan jika para notaris bersatu maka organisasi akan kuat. Ia mengibaratkan jika pohon akarnya kuat maka pohon tersebut tidak akan goyah.

Rachman mengatakan terpilihnya dia sebagai Ketua Umum INI adalah sah karena merupakan hasil kongres. "Kongres adalah konstitusi tertinggi dan kongres telah sesuai AD/ART. Sehingga keputusan kongres adalah putusan peserta kongres," katanya.

Namun demikian, Rachma mengatakan siap menghadapi gugatan jika ada pihak-pihak yang tidak puas atas hasil kongres.

"Negara kita adalah negara hukum. Semua harus berdasarkan hukum," katanya. Namun sekali lagi Rachma mengatakan kongres yang dilaksanakan telah sah.

Mengenai program kerja, Rachma mengatakan bahwa susunan pengurus akan dibuat secepatnya. "Sesuai AD/ART, susunan pengurus sudah dibentuk sebelum satu bulan. Insya Allah sebelum satu bulan sudah terbentuk," katanya.

Setelah itu organisasi akan membuat program-program kegiatan. Program tersebut diharapkan sejalan dengan program pemerintah dan putusan kongres. Program-program tersebut juga diharapkan mampu memenuhi kepentingan anggota INI.

Tags: