Jero Wacik Usul Ada Menteri Energi Terbarukan
Aktual

Jero Wacik Usul Ada Menteri Energi Terbarukan

KAR
Bacaan 2 Menit
Jero Wacik Usul Ada Menteri Energi Terbarukan
Hukumonline
Menteri ESDM Jero Wacik memaparkan usulannya kepada para calon presiden agar di pemerintahan mendatang ada menteri yang khusus mengurus energi terbarukan. Menurut Wacik, kebutuhan akan suatu kementerian khusus energi terbarukan ini didasarkan pada pentingya penyediaan energi yang secara jangka panjang permintaannya terus meningkat. Harapannya, tentu penanganan energi ini menjadi lebih fokus dan terarah.

“Kita harus serius untuk energi terbarukan ini. Minyak sudah berat, kalau kita hanya tergantung minyak. Gas juga nanti akan jadi berat karena itu fosil. Sedangkan, rakyat kita kebutuhan akan energinya tidak pernah turun, malah naik terus. Maka energi terbarukanlah jawabannya,” urainya saat membuka konvensi dan pameran energi terbarukan, EBTKE Conex 2014 di Jakarta, Rabu (4/6).

Lebih jauh, ia menyebut bahwa India adalah negeri yang patut dicontoh dalam soal ini. Keseriusan menggarap energi terbarukan diwujudkan melalui adanya satu kementerian khusus. Ia mengatakan, di India tak cukup seorang direktur jenderal yang menangani masalah energi baru terbarukan dan konservasi energi.

“Bila Indonesia fokus dalam penyediaan energi terbarukan, bukan tidak mungkin negeri ini menjadi mandiri energi. Ini cukup beralasan, mengingat sumber-sumber energi terbarukan tersedia melimpah di seantero nusantara,” tandasnya.
Tags: