Jelang Periode Mudik, Korlantas Gelar Operasi Patuh
Aktual

Jelang Periode Mudik, Korlantas Gelar Operasi Patuh

ANT
Bacaan 2 Menit
Jelang Periode Mudik, Korlantas Gelar Operasi Patuh
Hukumonline
Korps Lalu Lintas Polri menggelar Operasi Patuh Tahun 2016 guna mempersiapkan pengamanan mudik Lebaran atau Idul Fitri pada tahun ini.

"Operasi Patuh ini (diadakan) menjelang Idul Fitri sebagai upaya Polri menurunkan angka kecelakaan dan fatalitas," kata Wakakorlantas Polri Brigjen Pol Indrajit, dalam apel gelar pasukan Operasi Patuh Tahun 2016 bertema Kita Tingkatkan Profesionalitas Polantas Guna Menciptakan Situasi Kamseltibcarlantas Yang Mantap, di Jakarta, Senin.

Operasi Patuh Tahun 2016 akan berlangsung di seluruh Indonesia selama dua pekan sejak 16 Mei - 29 Mei 2016.

Indrajit mengingatkan kepada jajarannya bahwa dalam pelaksanaan operasi tersebut mengedepankan upaya preventif, preentif dan upaya penegakkan hukum yang terukur terkait penertiban lalu lintas.

"Saya tekankan kembali kepada jajaran, untuk melakukan upaya keamanan khususnya menertibkan pelanggaran lalu lintas," imbaunya.

Selain untuk menyambut Idul Fitri, Operasi Patuh itu juga digelar agar para pengguna jalan mampu meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas sehingga jumlah kecelakaan menurun.

Ia mengatakan permasalahan lalin semakin rumit seiring dengan meningkatnya populasi penduduk dan peningkatan jumlah kendaraan bermotor.

Menurutnya, penyebab kecelakaan lalin umumnya didominasi pelanggaran rambu lalu lintas, berkendara dengan kecepatan tinggi dan melawan arus lalin. Terkait hal itu, pihaknya meminta kerja sama beberapa pemangku kepentingan untuk memaksimalkan pengamanan terkait arus mudik Lebaran mendatang.

"Membutuhkan peran serta masyarakat dan kerja sama pihak-pihak terkait untuk menurunkan laka lantas," katanya.

Dalam apel tersebut, turut hadir perwakilan dari Jasa Raharja, Jasa Marga, Dirjen Kementerian Pekerjaan Umum, Dirjen Kementerian Perhubungan, dan beberapa pejabat utama Korlantas Polri.
Tags: