ILUNI UI Sumbangkan Lebih dari Setengah Miliar Lewat BNI UI Half Marathon
Berita

ILUNI UI Sumbangkan Lebih dari Setengah Miliar Lewat BNI UI Half Marathon

Disumbangkan untuk program Dana Abadi UI.

Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Ketua ILUNI UI (paling kiri) dan Sekjen ILUNI UI (kanan kaos hitam) berfoto bersama beberapa pemenang dalam BNI UI Half Marathon 2019, Minggu (7/7). Foto: NEE
Ketua ILUNI UI (paling kiri) dan Sekjen ILUNI UI (kanan kaos hitam) berfoto bersama beberapa pemenang dalam BNI UI Half Marathon 2019, Minggu (7/7). Foto: NEE

Ajang lomba lari BNI UI Half Marathon 2019 sukses digelar, Minggu (7/7) kemarin. Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Andre Rahadian mengatakan bahwa kontribusi BNI UI Half Marathon bagi dana abadi UI selama tiga kali penyelenggaraan telah mencapai lebih dari setengah miliar rupiah.

 

“Alhamdulillah dari segi pelaksanaan tambah bagus, biasanya kami mencari peserta, sekarang sudah mulai menolak calon peserta,” katanya berseloroh kepada hukumonline usai acara penutupan. Ia menyebutkan total yang disumbangkan ILUNI UI untuk dana abadi UI sebanyak Rp750 juta.

 

BNI UI Half Marathon tahun 2019 mengumpulkan tidak kurang dari 4000 peserta. Mereka telah memenuhi area Universitas Indonesia kampus Depok untuk berlomba pada jarak tempuh 5K, 10K, dan 21K sejak subuh. BNI UI Half Marathon pertama kali digelar tahun 2017 lalu oleh ILUNI UI.

 

Tujuan awal acara ini adalah sarana mempererat ikatan sesama alumni UI lewat ajang lomba lari di area kampus. Itu sebabnya sejak awal diselenggarakan selalu disertai penggalangan dana abadi pendidikan untuk Universitas Indonesia. Dilansir dari laman UI, Dana Abadi UI adalah suatu program penghimpunan dana yang diinvestasikan lewat Bank BNI. Hasil investasinya akan dimanfaatkan untuk membantu pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang berlangsung di UI.

 

Fasilitas pengembangan pendidikan tersebut antara lain buku, perpustakaan, laboratorium, komputer, dll. Termasuk pula pembiayaan sarana fisik (gedung dan sarana lainnya), pemberian beasiswa (bagi mahasiswa berprestasi dan atau kurang mampu, staf pengajar, karyawan), dan sebagian lagi untuk penitip/pemilik dana.

 

Lomba lari ini juga semakin mempromosikan kampus hijau UI Depok sebagai ruang terbuka bagi masyarakat. Suasana asri hutan kota di dalam lingkungan kampus UI memberikan kenyamanan untuk berbagai aktifitas menyehatkan seperti olah raga.

 

Wisaksono Soegandhi, Ketua Pelaksana BNI UI Half Marathon 2019 menyebutkan tingginya minat peserta di tahun 2019. “Tahun 2017 itu 2700 tiket laku dalam 3 bulan, 2018 ada 3600 hampir dalam 3 bulan juga, tahun ini terjual 4800 dalam waktu 8 hari,” kata pria yang akrab disapa Nongki ini.

Tags:

Berita Terkait