ILUNI FHUI Dorong Alumni Berperan dalam Masyarakat
Terbaru

ILUNI FHUI Dorong Alumni Berperan dalam Masyarakat

Alumni dapat turut mewujudkan tridharma perguruan tinggi dengan cara bermanfaat untuk masyarakat.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Acara halal bihalal ILUNI FHUI, Sabtu (13/05). Foto: Istimewa
Acara halal bihalal ILUNI FHUI, Sabtu (13/05). Foto: Istimewa

Keluarga besar Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) menggelar halal bihalal yang dihadiri oleh alumni FHUI lintas angkatan serta civitas akademika FHUI pada Sabtu (13/5) di Auditorium Djokosoetono FHUI. Dalam sambutannya, Ketua ILUNI FHUI Rapin Mudiardjo mengatakan, alumni juga berperan penting dalam mewujudkan Tridharma perguruan tinggi yang secara nyata memberikan dampak yang tidak hanya bagi fakultas tetapi juga bagi universitas.

“Kami mencermati berbagai persoalan masyarakat dan menggali kira-kira apa peran alumni yang bermanfaat bagi masyarakat dengan bekerja sama dengan perkumpulan alumni lainnya, sehingga ILUNI FHUI telah menggagas lembaga baru untuk melayani advokasi,” kata Rapin.

Sejauh ini, ILUNI FHUI bersama ILUNI UI juga telah berkolaborasi dengan menjadi bagian pelayanan hukum bagi anggota alumni UI dan mewujudkan bantuan hukum. Tidak dipungkiri, Rapin menambahkan, kemajuan ILUNI FHUI saat ini juga berkat bantuan dari para alumni FHUI.

Baca juga:

Beberapa agenda FHUI yang telah terlaksana tidak terlepas dari bantuan ILUNI FHUI. Mulai dari pengadaan ambulans yang bisa digunakan oleh keluarga besar FHUI dan ILUNI FHUI hingga dalam waktu dekat akan ada perwujudan beasiswa bagi mahasiswa FHUI. “Kami ingin menjadikan pendidikan hukum di Indonesia kita tingkatkan kualitas dan kelasnya dan bisa aplikatif di masyarakat,” ucap Rapin.

Dalam acara halal bi halal tersebut, hadir sejumlah alumni lintas angkatan mulai dari tahun 70-an hingga lulusan terbaru. Rapin juga mengatakan akan memperkuat alumni yang saat ini bekerja di sektor pemerintahan dan swasta untuk saling terikat membesarkan alumni FHUI sehingga selalu dapat mendukung kegiatan ILUNI FHUI.

“Tanpa bantuan alumni, acara ini tidak akan berjalan seperti hari ini dan kami terbuka atas kritik. Saya yakin kedepannya akan banyak support yang kami dapat,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Dekan FHUI, Edmon Makarim mengungkapkan, saat ini tengah banyak perkembangan FHUI ke arah yang lebih baik. Mulai dari penguatan infrastruktur sistem pendidikan dengan memanfaatkan teknologi hingga mempercepat pembangunan beberapa gedung yang akan memudahkan proses belajar-mengajar.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mendorong para alumni yang terjun ke dunia politik untuk dapat menginspirasi alumni-alumni muda FHUI untuk bisa memiliki leadership kenegaraan sehingga diharapkan bisa mengambil alih kepemimpinan Indonesia. “Menjelang 100 tahun, masih belum ada terlihat salah satu alumni UI menjadi kandidat calon presiden, ke depannya UI lebih mantap sehingga layak mencalonkan diri sebagai calon presiden sebagai perwakilan dari universitas tertua di Indonesia,” pungkasnya.

Tags:

Berita Terkait