ILUNI FHUI: Institusi Hukum Krisis Kepercayaan
Aktual

ILUNI FHUI: Institusi Hukum Krisis Kepercayaan

RED
Bacaan 2 Menit
ILUNI FHUI: Institusi Hukum Krisis Kepercayaan
Hukumonline
Kasus dugaan suap mantan Ketua MK M Akil Mochtar menjadi sorotan utama dalam catatan akhir tahun 2013 yang dilansir Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI). Dalam siaran pers yang diterima hukumonline, ILUNI FHUI menyatakan kasus Akil telah menyebabkan  terjadinya  krisis  institusi  hukum  yang  sangat  fatal.

"Ada  krisis  kepercayaan  pada  MK  karena  masalah  korupsi  pimpinan  MK  dan  juga kecenderungan menunjuk hakim berorientasi politik dalam lembaga," kata Ketua Umum ILUNI FHUI, Melli Darsa dalam siaran pers, Senin (30/12). 

Menurut Melli, krisis di MK juga berpangkal pada persoalan rekrutmen hakim konstitusi. Sistem rekrutmen yang berlaku saat ini, kata dia, menimbulkan sistem utang budi yang  sarat korupsi. “Warga  negara prihatin karena MK dianggap hanya menjadi ajang politik uang, dan politisasi jabatan hukum,” ujarnya.

ILUNI FHUI menyatakan sistem rekrutmen hakim konstitusi harus diperbaiki agar lebih transparan, bebas konfilk kepentingan, dan memenuhi prinsip pemerintahan yang baik (good governance).
Tags: