IKA FH UNPAD Gelar Charity Golf Tournament 2016
Berita

IKA FH UNPAD Gelar Charity Golf Tournament 2016

Charity diperuntukkan bagi lembaga-lembaga yang aktif dalam kegiatan lingkungan hidup.

RIA
Bacaan 2 Menit
Acara penyerahan hadiah dalam Charity Golf Tournament 2016, Minggu (28/2). Foto: IKA FH Unpad
Acara penyerahan hadiah dalam Charity Golf Tournament 2016, Minggu (28/2). Foto: IKA FH Unpad
Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (IKA FH UNPAD) menggelar kegiatan amal dalam bentuk kompetisi golf, Charity Golf Tournament 2016, Minggu (28/2). Perhelatan yang diselenggarakan di Permata Sentul Golf, Citeurep, Jawa Barat ini menyasar lembaga-lembaga yang aktif dalam kegiatan lingkungan hidup.

Sebagaimana disampaikan dalam siaran pers yang diterima oleh hukumonline pagi ini, selain berhasil menjalin silaturahmi alumni-alumni FH UNPAD yang tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta, Charity Golf Tournament juga telah berhasil mengumpulkan donasi yang kemudian disumbangkan untuk Komunitas Peduli Sampah Kota Tangerang dan Yayasan Prakarsa Hijau Indonesia.

“Alhamdulillah kegiatan IKA FH UNPAD Golf Tournament 2016 untuk pertama kali diadakan berjalan sukses dan lancar. Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang silaturahmi tetapi juga ajang berbagi,” ujar salah satu panitia Yulian Hadromi, di laman Facebook pribadinya yang ditanggapi dengan ucapan terima kasih dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Diterangkan dalam rilis, pemberian donasi kepada lembaga-lembaga pegiat lingkungan hidup ini memang merupakan arahan dari Siti Nurbaya. Ketua Panitia Charity Golf Tournament 2016 Ary Zulfikar menyampaikan bahwa kegiatan pertama yang dilaksanakan sejak terpilihnya Agus Santoso sebagai nahkoda IKA FH UNPAD ini, sesuai pula dengan moto FH UNPAD, yaitu “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”.

Meski berhalangan untuk hadir pada hari pelaksanaan turnamen, Siti Nurbaya mendisposisikan undangan yang ditujukan kepadanya itu dengan mengutus bawahannya, Sekretaris Jenderal (sekjen) Bambang Hendroyono dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Kabiro Humas) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar.

Di depan dua pejabat kementerian itu, pemberian donasi kepada Komunitas Peduli Sampah Kota Tangerang dan Yayasan Prakarsa Hijau Indonesia secara simbolik dilakukan usai turnamen golf berlangsung. Besaran donasi yang diterima oleh keduanya, masing-masing Rp15 juta dan Rp10 juta.

Ketua IKA FH UNPAD Agus Santoso, yang baru terpilih Agustus 2015 silam, mengatakan pemberian donasi ini merupakan bentuk partisipasi alumni. “Nantinya kita juga akan melanjutkan dengan kegiatan tanam pohon, bersih-bersih sampah, dan identifikasi ikan endemik di sisi Sungai Ciliwung,” ujar Agus.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) itu pun menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilangsungkan dengan berkolaborasi bersama Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (Alumni Fahutan IPB) dan komunitas pegiat lingkungan hidup lainnya.

Untuk diketahui, IKA FH UNPAD baru saja mendapatkan legalitasnya sebagai badan hukum pada Desember 2015 lalu. Pengesahan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-0027980.AH.01.07.TAHUN 2015.

“Memberikan pengesahan badan hukum, Perkumpulan Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran disingkat IKA FH Unpad berkedudukan di kota Bandung, sesuai salinan Akta Nomor 15 Tanggal 15 Desember 2015 yang dibuat oleh Notaris Dewi Tenty Septi Artianty, SH yang berkedudukan di Jakarta Pusat,” begitu bunyi butir kesatu SK Menkumham yang dimaksud.

Tags:

Berita Terkait