Haris-Fatia Jalani Sidang Dakwaan Hingga Prof Sunaryati Hartono Tutup Usia
Terbaru

Haris-Fatia Jalani Sidang Dakwaan Hingga Prof Sunaryati Hartono Tutup Usia

KPPU dianggap kurang bukti dalam penanganan sengketa minyak goreng, FH Unej luncurkan film pendek, dan mendorong percepatan nasib RUU Perampasan Aset turut dibahas Hukumonline.

Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Terdakwa Haris Azhar saat menjalani sidang perdana kasus pencermaran baik di Pengadillan Negeri Jakarta Timur, Senin (3/4/2023). Foto: Istimewa
Terdakwa Haris Azhar saat menjalani sidang perdana kasus pencermaran baik di Pengadillan Negeri Jakarta Timur, Senin (3/4/2023). Foto: Istimewa

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Senin (3/4/2023), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca mulai Haris-Fatia jalani sidang pembacaan dakwaan hingga Guru Besa FH Unpad Prof Sunaryati Hartono tutup usua. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. JPU Sebut Tindakan Haris-Fatia Publikasi Riset Tanpa Konfirmasi Cemarkan Nama Baik Luhut

Sidang perdana perkara aktivis HAM Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin (3/4/2023). Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) memecah perkara ini menjadi 2 masing-masing No.202/Pid.Sus/2023/PN Jkt.Tim dengan terdakwa Haris Azhar dan No.203/Pid.Sus/2023/PN Jkt.Tim dengan terdakwa Fatia Maulidiyanti. Simak selengkapnya dalam artikel ini!    

  1. LKPU-FHUI Sebut KPPU Kurang Bukti dalam Penanganan Sengketa Minyak Goreng

Kisruh kenaikan harga minyak goreng sempat menghebohkan publik pada akhir tahun lalu. Hal itu membuat Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) turun tangan untuk menyelidiki dugaan terjadinya Pasal 5 dan Pasal 19 huruf c dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU Anti Monopoli) oleh 27 perusahaan minyak goreng kemasan (Terlapor). Saat ini proses persidangan dugaan pelanggaran UU Anti Monopoli tengah berlangsung di KPPU. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Bentuk Pengembangan Reputasi, FH Unej Luncurkan Film Pendek

Fakultas Hukum Universitas Jember mempersembahkan karya film pendek berjudul “Rumah Ilmu, Amal, Integritas” sebagai bentuk upaya pengembangan reputasi FH Unej, terutama dalam pembangunan wilayah bebas korupsi. Pemutaran film pendek milik FH Unej tersebut diproduksi oleh FH Unej bersama program studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember dan ditayangkan secara perdana pada peluncuran buku karya dosen FH Unej pada Jumat (31/3) lalu. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Mendorong Percepatan Nasib RUU Perampasan Aset

“Mungkin (UU) Perampasan Aset bisa (disahkan, red). Tapi harus bicara dengan para Ketum Partai dulu. Kalau di sini gak bisa”. Pernyataan itu meluncur dari bibir Ketua Komisi III Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul saat menanggapi permintaan Menkopolhukam Mahfud MD agar nasib RUU Perampasan Aset dapat menjadi prioritas pembahasan dalam rapat pekan lalu di Gedung DPR. Pernyataan Bambang Pacul pun seolah membuka wakil rakyat di parlemen sejatinya bukanlah wakil rakyat, tapi hanya petugas partai yang patuh tunduk atas perintah Ketua Umum Partai Politik (Parpol). Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Tutup Usia, Berikut Buah Pikir Mendiang Prof Sunaryati Hartono

Kabar duka kembali menerpa dunia pendidikan tinggi hukum Indonesia. Salah satu tokoh hukum terbaik bangsa, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad) Prof. Dr. C.F.G. Sunaryati Hartono-Sunario dikabarkan tutup usia. Wanita yang diketahui bernama lengkap Carolina Felicita Gerardine Sunaryati Hartono ini dikabarkan wafat dalam usia 91 tahun lebih. Almarhumah menghembuskan nafas terakhirnya di Eka Hospital BSD pada Senin (3/4/2023) sore pukul 17.07 WIB. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait