Harapan Dekan FH Unhas atas Capaian Almamater di Ajang Top Law Schools 2023
Terbaru

Harapan Dekan FH Unhas atas Capaian Almamater di Ajang Top Law Schools 2023

Prof. Hamzah berharap Hukumonline dapat memberikan catatan-catatan detail kepada pihaknya demi memperbaiki rangking FH Unhas di kemudian hari.

Fitri Novia Heriani
Bacaan 3 Menit
Dekan FH Unhas Prof. Hamzah Halim. Foto: Istimewa
Dekan FH Unhas Prof. Hamzah Halim. Foto: Istimewa

Beberapa waktu lalu, Hukumonline meluncurkan laporan hasil survei Top Indonesian Law Schools Ranking 2023. Pemeringkatan ini didasarkan dari data 812 Partner pada 210 kantor hukum terkemuka yang berpartisipasi dalam ajang Top 100 Indonesian Law Firms 2023.

Pemeringkatan ini terbagi atas beberapa kategori yakni PTN & PTS Hukum Nasional Terbaik 2023, PTN Hukum Nasional Terbaik 2023, PTS Hukum Nasional Terbaik 2023, PTN Hukum Wilayah Barat Terbaik 2023, PTN Hukum Wilayah Tengah Terbaik 2023, PTN Hukum Wilayah Barat Terbaik 2023, dan PTN Hukum Wilayah Timur Terbaik 2023. Kemudian ada juga kategori PTS Hukum Wilayah Barat Terbaik 2023, PTS Hukum Wilayah Tengah Terbaik 2023, PTS Hukum Wilayah Barat Terbaik 2023, dan PTS Hukum Wilayah Timur Terbaik 2023.

Untuk kategori PTN Hukum Wilayah Timur terbaik 2023, Universitas Hasanuddin (Sulawesi Selatan) berada pada posisi ke-2. Menariknya, selisih poin Unhas dan Universitas Brawijaya yang berada di peringkat 1 sangat tipis, yakni 1,6 poin. Tak hanya itu, dalam Top Indonesian Law Schools Ranking 2023, FH Unhas juga masuk peringkat 10 dalam kategori Kampus Hukum Terbaik Nasional 2023, dan peringkat 6 dalam kategori PTN Hukum Terbaik Nasional 2023.

Baca Juga:

Pencapaian tersebut disambut baik oleh Dekan FH Unhas Prof. Hamzah Halim. Tak hanya menjadi lawyer, Prof. Hamzah menyebut banyak lulusan FH Unhas yang sukses dalam kariernya, bahkan menduduki dan memimpin lembaga tinggi hukum di Indonesia seperti Baharuddin Lopa, Abraham Samad, Hamdan Zoelva dan lain sebagainya. Terkait award tersebut, Prof. Hamzah berharap Hukumonline dapat meng-guidance FH Unhas untuk meningkatkan ranking di kemudian hari.

“Persoalan selisih FH Universitas Brawijaya dengan FH Unhas, jujur saja indikator saya tidak tahu. Saya berharap dengan kerja sama kemarin, selain penyediaan fasiltias, kami berharap Hukumonline bisa meng-guidance kita untuk kemudian meningkatkan hal-hal apa yang kami harus lakukan untuk perbaikan, untuk meningkatkan grade ranking itu. Kami berharap kalau ada catatan semakin detail semakin bagus.  Misal ini yang harus lakukan dan kami akan lakukan itu. Karena saat ini FH Unhas bukan hanya fokus pada tingkat nasional, tapi fokus masuk ke ranking 1000 dunia,” kata Prof. Hamzah kepada Hukumonline, Sabtu (7/10), di Makassar.

Hukumonline.com

Dekan FH Unhas Prof. Hamzah Halim menerima plakat Top Indonesian Law Schools Ranking 2023 dari Hukumonline yang diwakili Chief Media & Engagement Hukumonline Amrie Hakim.

Sementara itu Chief Media & Engagement Hukumonline Amrie Hakim mengucapkan selamat kepada Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin atas pencapaiannya pada tahun ini masuk dalam Top Indonesian Law Schools Ranking 2023. Menurutnya, sebagai salah satu fakultas hukum terkemuka di Sulawesi, Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin tentunya memiliki segudang prestasi, baik itu dari mahasiswa maupun pengajarnya. Prestasi-prestasi ini terbukti dari banyaknya jumlah lulusan hukum yang berkualitas dan berdaya saing.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) FH UNHAS se-Jabodetabek yang diketuai oleh Bapak Imran Nating. Amrie juga mengucapkan terima kasih karena IKA FH UNHAS telah mendorong alumni-alumninya, khususnya yang berprofesi sebagai lawyer, untuk berpartisipasi dalam survei Top Indonesian Law Schools 2023 ini.

“Semoga sederet prestasi ini dapat menambah kebanggaan bagi seluruh civitas akademika FH UNHAS dan menginspirasi para akademisi hukum di FH Universitas Hasanuddin untuk terus berkarya di tingkat nasional maupun internasional, sebagai salah satu fakultas hukum terbaik di Indonesia,” ungkap Imran.

Tags:

Berita Terkait