Handoyo Sudrajat Terpilih sebagai Dirjen Pemasyarakatan
Aktual

Handoyo Sudrajat Terpilih sebagai Dirjen Pemasyarakatan

ANT
Bacaan 2 Menit
Handoyo Sudrajat Terpilih sebagai Dirjen Pemasyarakatan
Hukumonline

Mantan pejabat KPK Handoyo Sudrajat terpilih menjadi Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Pas) Kementerian Hukum dan HAM yang baru berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 129/M Tahun 2013 tanggal 4 November 2013.

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merestui Pak Handoyo Sudrajat yang akan memimpin Dirjen Pas ke depan," kata Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin di Gedung Kemenkumham, di Jakarta, Jumat.

Amir mengatakan pelantikan Handoyo sebagai Dirjen Pas akan dilakukan pada Selasa 12 November 2013.

Proses seleksi Dirjen Pas dilakukan dengan melibatkan Panitia Seleksi yang terdiri atas Wamenkum HAM Denny Indrayana sekaligus Ketua Pansel dan anggota yang terdiri atas Rektor UINSyarif Hidayatullah, Jakarta Komaruddin Hidayat, Sosiolog Imam Prasodjo, ahli hukum tata negara Saldi Isra, dan mantan penasihat KPK Abdullah Hehamahua.

Pihak internal terdiri atas Sekjen Bambang Rantam, Irjen Agus Sukiswo, Dirjen HAM Harkristuti Harkrisnowo.

Dari proses seleksi, terpilih calon terbaik Handoyo Sudrajat dan Y. Ambeg Paramarta yang diusulkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga akhirnya terpilih Handoyo setelah 10 calon tersaring untuk menjalani tahap wawancara terbuka.

Handoyo merupakan mantan pejabat KPK sejak tahun 2005 hingga 2013 yang pernah memegang beberapa jabatan seperti Direktur Pengaduan Masyarakat KPK selama tiga tahun lalu sebagai Deputi Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat KPK.

Tags: