FHUI Resmikan Ruang Kelas Prof Asikin Kusumah Atmadja
Aktual

FHUI Resmikan Ruang Kelas Prof Asikin Kusumah Atmadja

RIA
Bacaan 2 Menit
FHUI Resmikan Ruang Kelas Prof Asikin Kusumah Atmadja
Hukumonline

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menggelar peresmian ruang kelas Prof. Zaenal Asikin Kusumah Atmadja, Rabu (25/2), di kampus UI, Depok. Ruang kelas ini merupakan ruang kelas lama yang direnovasi dan kemudian diberi nama almarhum Guru Besar FHUI yang juga merupakan hakim agung generasi pertama di Indonesia. Renovasi ini terlaksana berkat donasi dari Kantor Hukum Hanafiah Ponggawa & Partners (HPRP).

Alumni FHUI yang kini menjadi Partner pada HPRP, Fabian Buddy Pascoal, dalam sambutannya menyampaikan sebagai seorang praktisi, banyak hal yang telah dituainya dari almamater tercinta. “Kami sebagai para praktisi adalah para penuai. Kami menuai, dalam tanda kutip, para lulusan dari Fakultas Hukum UI,” ujar Fabian.

Oleh karena banyaknya yang telah dituai, Fabian menyampaikan, ia bersama dengan rekan-rekannya di HPRP juga ingin dapat menabur di FHUI.

“Kami kembali ke kampus sebagaimana semangat Profesor Asikin yang merupakan seorang praktisi hukum sebagai hakim tetapi beliuau ngga pernah lupa dengan kampus sehingga akhirnya beliau menjadi profesor,” imbuhnya.

Semangat Prof Asikin ini pula yang kiranya menurut Dekan FHUI Prof. Topo Santoso perlu dijadikan pelajaran dan diikuti jejaknya.

“Saya kira ini sangat relevan melihat sekarang ini kita sedang mengalami krisis di kalangan penegak hukum. Soal kredibilitas, integritas, dan sebagainya,” tutur Prof. Topo.

Pakar hukum pidana ini berharap riwayat hidup Prof. Asikin dan dedikasi beliau terhadap penegakan hukum di Indonesia dapat dicontoh oleh generasi muda Indonesia. “Mudah-mudahan generasi muda di Indonesia semakin baik dalam penegakkan hukum di Indonesia. Mereka dapat mencontoh beliau.”

Sebelum akhirnya ruangan diresmikan, bersama dengan Rektor Universitas Indonesia Prof. M. Anis beserta perwakilan keluarga Prof. Asikin, Prof. Topo berharap kenyamanan yang ada saat ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan iklim akademik di FHUI.

Tags: