FH Unpad Gelar Bandung International Conference on Law 2024, Catat Tanggalnya!
Terbaru

FH Unpad Gelar Bandung International Conference on Law 2024, Catat Tanggalnya!

Konferensi yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini akan menghadirkan sejumlah pembicara ternama, baik dari dalam negeri maupun dari seluruh dunia.

Fitri Novia Heriani
Bacaan 4 Menit
FH Unpad mengumumkan penyelenggaraan Bandung International Conference on Law (BICL) ke-3 yang akan berlangsung pada 3-4 Desember 2024. Foto: Istimewa
FH Unpad mengumumkan penyelenggaraan Bandung International Conference on Law (BICL) ke-3 yang akan berlangsung pada 3-4 Desember 2024. Foto: Istimewa

Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) mengumumkan penyelenggaraan Bandung International Conference on Law (BICL) ke-3 yang akan berlangsung pada 3-4 Desember 2024. Acara prestisius ini akan diadakan di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH UNPAD), Bandung, dan bertema "Discourse on Law, Policy, and Governance in Indonesia and Global Context". 

Menurut Ketua Panitia BICL, Diajeng Wulan Christianti, tema besar yang diusung dalam ‘The 3rd Bandung International Conference on Law (BICL) 2024’ merepresentasikan tujuan penyelenggaraan BICL 2024 yang tidak hanya sekedar menyediakan sebuah wadah untuk saling berbagi dan menyebarluaskan  diskursus dan perkembangan ilmu hukum di berbagai bidang melainkan memberikan kesempatan yang unik bagi para ahli, akademisi, praktisi serta pemerintah  baik nasional maupun internasional untuk bisa berdiskusi lebih jauh perihal interaksi antara hukum, kebijakan dan tata kelola pemerintahan di Indonesia.

“Interaksi ini menggarisbawahi pentingnya hukum, kebijakan dan tata kelola pemerintahan yang adaptif yang menghormati konteks nasional sekaligus menyelaraskannya dengan standar global yang merupakan aspek penting dalam hukum di abad k-21 ini,” kata Diajeng dalam pernyataan tertulis, Senin (9/9).

Baca Juga:

Hal ini selaras dengan gagasan Profesor Mochtar Kusumaatmadja selaku Guru Besar FH UNPAD, yang menyuarakan pentingnya peran hukum sebagai dasar fundamental untuk mengarahkan perubahan dan pembangunan di masyarakat agar pembangunan tersebut dapat berlangsung secara tertib dan terstruktur.

Pada konferensi ini peran hukum, kebijakan, dan tata kelola pemerintahan serta interaksi antara ketiganya dalam menjawab tantangan dari globalisasi akan di diseminasi melalui masing-masing panel yang telah dibagi ke dalam lebih kurang sepuluh chambers yang melingkupi berbagai bidang termasuk ilmu hukum dasar, hukum publik, hukum privat, hukum administrasi dan perkembangan hukum terkini.

Konferensi yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini akan menghadirkan sejumlah pembicara ternama dari seluruh dunia, termasuk Profesor Salawati Mat Basir (University Kebangsaan Malaysia), Profesor Yoshifumi Tanaka (University of Copenhagen, Denmark), Profesor Zeray Yihdego (University of Aberdeen, Inggris), serta kedua Adjunct Professor di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran yakni Profesor Jean Allain (Monash University & Visiting Professor di University of Nottingham, Inggris), dan Profesor Raul Pangalangan (University of Philippines & Former Judge of International Criminal Court).

Selain itu, konferensi ini juga akan dihadiri oleh para ahli hukum Indonesia terkemuka, termasuk Profesor Susi Dwi Harijanti, Profesor Andri Gunawan Wibisana, Profesor Atip Latipulhayat, dan Profesor Sinta Dewi. Selain itu, banyak akademisi internasional dan nasional lainnya akan diumumkan sebagai pembicara pada acara ini.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait