FH Unpad Bakal Gelar Padjadjaran Law Fair XIV, Catat Tanggalnya!
Terbaru

FH Unpad Bakal Gelar Padjadjaran Law Fair XIV, Catat Tanggalnya!

Padjadjaran Law Fair XIV bakal digelar pada November 2023 di Graha Sanusi Unpad Dipatiukur. Masa pendaftaran kompetisi dimulai sejak tanggal 31 Agustus 2023 melalui tautan yang dapat diakses di akun Instagram resmi Padjadjaran Law Fair XIV (@plfunpad).

Fitri Novia Heriani
Bacaan 2 Menit
Kampus Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Bandung. Foto: www.unpad.ac.id
Kampus Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Bandung. Foto: www.unpad.ac.id

Fakultas Hukum (FH) Universitas Padjadjaran (Unpad) bakal kembali menggelar Padjadjaran Law Fair pada November mendatang.  Event tersebut menjadi Padjadjaran Law Fair Ke-14 kali sejak pertama digelar pada 2009 silam. Padjadjaran Law Fair dari tahun ke tahun telah membuktikan kualitasnya dengan menyuguhkan kompetisi hukum yang berkualitas dan diikuti oleh delegasi dari berbagai universitas dan Sekolah Menengah Atas (SMA) ternama dari seluruh Indonesia.

Padjadjaran Law Fair adalah kompetisi hukum tertua di Indonesia yang diselenggarakan oleh FH Unpad. Acara tahunan itu digelar sebagai bukti nyata bentuk penghormatan dan kecintaan dari civitas akademika terhadap Guru Besar Hukum Tata Negara FH Unpad, Prof Taufik Sri Soemantri Martosoewignyo.

Sepak terjang Prof Taufik Sri Soemantri Martosoewignyo sebagai seorang akademisi yang berkontribusi besar terhadap pembangunan hukum nasional di Indonesia.Padjadjaran Law Fair XIV akan mengangkat tema “25 Tahun Reformasi: Kemajuan atau Kemunduran Ketatanegaraan?”.

Koordinator Bidang Media Padjajaran Law Fair XIV, Tsafiq Belvan mengatakan Padjadjaran Law Fair merupakan ajang yang tidak hanya diikuti oleh mahasiswa hukum se-Indonesia, tetapi juga siswa/i tingkat SMA dengan menyelenggarakan 3 kompetisi berskala nasional. Yakni, kompetisi debat hukum universitas, kompetisi debat hukum SMA, dan Kompetisi Constitutional Drafting.

Baca juga:

Kompetisi Debat Hukum Universitas merupakan salah satu cabang perlombaan yang setiap tahunnya rutin dipertandingkan dalam rangkaian kompetisi Padjadjaran Law Fair. Kompetisi Debat Hukum Universitas mempertandingkan tim-tim debat dari berbagai FH di Indonesia, dimana terdapat dua tim yang akan saling bertanding yaitu tim pro/government team/affirmative team dan tim kontra/opposition team/negative team. Kedua tim tersebut akan menanggapi isu-isu terkini yang berkaitan dengan tema kegiatan.

Kompetisi Debat SMA bakal mempertandingkan tim-tim debat dari perwakilan berbagai SMA di Indonesia, di mana terdapat tim pro/government team/affirmative team dan tim kontra/opposition team/negative team menanggapi isu-isu hukum terkini yang berkaitan dengan tema kegiatan.

Sementara Kompetisi Constitutional Drafting merupakan kompetisi yang beranjak dari pemikiran Prof Taufik Sri Soemantri tentang desakralisasi konstitusi, di mana konstitusi adalah buatan manusia yang bisa diubah sesuai perkembangan zaman. Kompetisi ini dihadirkan dengan tujuan untuk menghadirkan gagasan-gagasan baru dalam rangka perubahan UUD 1945 yang berasal dari kalangan mahasiswa.

“Selain perlombaan, Padjadjaran Law Fair XIV juga akan menyelenggarakan seminar publik yang akan menghadirkan tokoh-tokoh baik praktisi maupun akademisi ternama di bidang tata negara di Indonesia yang akan membahas topik terkait tema kegiatan,” kata Tsafiq dalam pernyataan tertulis, Sabtu (2/9/2023).

Padjadjaran Law Fair XIV akan diselenggarakan pada Bulan November 2023 di Graha Sanusi Unpad Dipatiukur. Masa pendaftaran kompetisi dimulai sejak tanggal 31 Agustus 2023 melalui tautan yang dapat diakses di akun Instagram resmi Padjadjaran Law Fair XIV (@plfunpad). Segera daftarkan dirimu untuk turut berpartisipasi dalam kompetisi hukum tertua di Indonesia, Padjadjaran Law Fair XIV!

Tags:

Berita Terkait