Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Raih Akreditasi Internasional AQAS
Terbaru

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Raih Akreditasi Internasional AQAS

Akreditasi AQAS ini mengikuti standar kualitas pendidikan European Higher Education Area. Pencapaian ini menempatkan kualitas pendidikan hukum setara standar Eropa. FH UB memenuhi 7 kriteria penilaian yakni kualitas kurikulum, prosedur penjaminan mutu, proses belajar mengajar dan asesmen, admisi, kualitas dosen, suasana akademik, serta informasi publik.

Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Gedung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Foto: www.fh.ub.ac.id
Gedung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Foto: www.fh.ub.ac.id

Program Studi Sarjana, Magister, dan Doktor Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) berhasil mendapat akreditasi internasional dari Agentur zur Qualitätssicherung an Hochschulen mit Sitz in Köln (AQAS). "Adanya Akreditasi AQAS menunjukkan standar akademik FH UB memenuhi kualitas internasional," katan Dekan FH UB, Muchamad Ali Safa'at kepada Hukumonline, Selasa (15/6/2022).

Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam menyampaikan apresiasinya atas capaian FH UB. "Akreditasi internasional kita harapkan bisa meningkatkan kualitas program studi kita," kata Guru Besar Teknik Sipil dari Universitas Gadjah Mada ini saat dihubungi Hukumonline secara terpisah.

Baca Juga:

AQAS sendiri adalah lembaga nonprofit independen anggota European Association for Quality Assurance in Higher Education (ENQA). AQAS berwenang menilai apakah suatu lembaga pendidikan tinggi memiliki kualitas sesuai standar European Higher Education Area (EHEA). Lembaga akreditasi yang bermarkas di Jerman ini diharapkan meningkatkan reputasi FH UB di tingkat dunia.

“Akreditasi internasional dapat meningkatkan pengakuan internasional atas gelar akademik dan mendorong mobilitas mahasiswa, staf, dan berbagai kegiatan penelitian. Hasil positif dalam akreditasi bisa berdampak pada jangkauan dan jumlah proyek kerja sama yang diperoleh serta makin dikenalnya institusi pendidikan tinggi. Peningkatan profil program studi bisa berpengaruh juga pada peningkatan jumlah mahasiswa dan proyek yang berdatangan,” demikian tertulis dalam laman internet AQAS soal manfaat dari program akreditasi berstandar internasional yang mereka tawarkan.

Hukumonline.com

Akreditasi internasional dari AQAS itu berlaku hingga tahun 2028. Proses akreditasi ulang akan dilakukan AQAS setelah 2028 untuk meninjau kualitas FH UB. Apa saja kriteria penilaian oleh AQAS?

"Tujuh kriteria terpenuhi dan mendapatkan apresiasi dari panel of experts AQAS yaitu kualitas kurikulum, prosedur penjaminan mutu, proses belajar mengajar dan asesmen, admisi, kualitas dosen, suasana akademik, informasi publik," kata Ketua Lembaga Penjaminan Mutu FH UB, Shinta Hadiyantina.

Tags:

Berita Terkait