Dua Kandidat Kepala SKK Migas Tunggu Keputusan Presiden
Aktual

Dua Kandidat Kepala SKK Migas Tunggu Keputusan Presiden

KAR
Bacaan 2 Menit
Dua Kandidat Kepala SKK Migas Tunggu Keputusan Presiden
Hukumonline
Menteri ESDM, Sudirman Said, mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait proses seleksi Kepala SKK Migas. Menurut Sudirman, Komisi Pengawas sudah mengirim surat yang isinya mengajukan dua nama sebagai kandidat ke Menteri ESDM.

Berdasarkan hal itu, Sudirman pun mengajukannya ke Presiden. Keputusan akhir berada di tangan Presiden. "Surat ke Presiden sudah dibuat dan sudah dikirim. Tetapi karena malam mini Presiden akan ke Beijing, kita tunggu beliau kembali dari Beijing. Jadi butuh waktu sedikit," katanya, Jumat (7/11).

Dua nama yang diserahkan kepada Presiden merupakan pengerucutan dari lima kandidat yang ditetapkan pada Rabu lalu. Kelima kandidat itu ditetapkan oleh Komisi Pengawas yang terdiri dari Wakil menteri ESDM, Wakil Menteri Keuangan, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Lebih lanjut Sudirman mengatakan, nantinya Kepala SKK Migas bisa dari kalangan eksternal atau dari internal SKK Migas. Ia mengaku, kandidat yang diajukan berasal dari kalangan eksternal maupun internal. Menurutnya, Komite Pengawas sangat berhati-hati dalam menentukan calon Kepala SKK Migas.

"Saya masih punya prinsip orang eksternal punya keuntungan cara pandang baru dan jaringan baik. Sementara dari orang dalam atau internal nilai positifnya sudah memahami kondisi. Jadi kita ajukan dua-duanya," tandasnya.
Tags: