DPR Gelar Konferensi Parlemen Asia Afrika
Aktual

DPR Gelar Konferensi Parlemen Asia Afrika

RFQ
Bacaan 2 Menit
DPR Gelar Konferensi Parlemen Asia Afrika
Hukumonline
DPR menggelar Konferensi Parlemen Asia Afrika (KPAA) pada Kamis (23/4) pagi. Perhelatan akbar yang dihadiri oleh 36 negara itu merupakan rangkaian dari peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA)  ke-60. Sejumlah isu bakal dibahas dalam KPAA, antara lain kemerdekaan negara Palestina.

"Selain membicarakan kemerdekaan palestina tapi  juga membicarakan masalah yang berkaitan dengan pembangunan yang berkelanjutan," kata Ketua DPR Setya Novanto di Gedung DPR, Kamis (23/4).

Agenda lainnya mengenai pembangunan berkelanjutan yang meliputi penghapusan kemiskinan, persoalan kesehatan yang perlu ditangani serius. Selain itu, dibahas pula kerjasama bilateral di berbagai bisang perdagangan, infrastruktur, pertanian, serta investasi menjadi pokok bahasan dalam memajukan kedua pihak negara.

Dikatakan Setya, acara tersebut bakal dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Sedangan pembicara utama adalah Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan menjadi sesi menarik yang untuk disimak. Ia berharap KPAA akan menghasilkan terobosan sebagaimana harapan deklarasi forum parlemen Asia-Afrika yang mendukung kebijakan yang dihasilkan dalam pertemuan KAA di Bandung.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan dari 36 negara, terdapat 11 pimpinan parlemen yang menghadiri acara KPAA. Selain itu, juga dihadiri para wakil ketua parlemen. "Juga dihadiri seluruh Dubes di sini, diplomat dan pihak undangan lain," pungkasnya.
Tags: