Dorong Literasi Hukum, IKA FH Undip Gandeng Hukumonline
Terbaru

Dorong Literasi Hukum, IKA FH Undip Gandeng Hukumonline

Bentuk kerja sama yang dijalin antara lain IKA FH Undip menjadi mitra Klinik Hukumonline dan publikasi artikel di kolom Hukumonline.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Ketua IKA FH Undip Ahmad Redi (kedua dari kiri) dan Chief Media and Engagement Hukumonline, Amrie Hakim (ketiga dari kiri) di kampus FH Undip Semarang, Kamis (18/01/2024). Foto: Reza
Ketua IKA FH Undip Ahmad Redi (kedua dari kiri) dan Chief Media and Engagement Hukumonline, Amrie Hakim (ketiga dari kiri) di kampus FH Undip Semarang, Kamis (18/01/2024). Foto: Reza

Dinamika dunia hukum di Indonesia terus mengalami perkembangan yang cukup cepat. Kondisi tersebut menuntut berbagai pemangku kepentingan terutama para sarjana hukum untuk mengetahui perkembangan hukum terbaru. Sebagai upaya untuk mendorong pengembangan literasi hukum, Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (IKA FH Undip) menjalin kerjasama dengan Hukumonline.

Penandatanganan kerjasama dilakukan langsung Ketua IKA FH Undip Ahmad Redi dan Chief Media and Engagement Hukumonline, Amrie Hakim di kampus FH Undip Semarang, Kamis (18/01/2024).

Ahmad Redi mengatakan secara umum kerjasama ini dalam rangka mendukung kegiatan FH Undip dan IKA FH Undip. Menurutnya, Hukumonline sebagai portal informasi hukum terbesar di Indonesia menjadi mitra yang tepat untuk bekerjasama mewujudkan kegiatan tersebut. Apalagi Ahmad Redi sudah tak asing dengan layanan Hukumonline karena sejak kuliah sekitar tahun 2000 sudah menjadikan portal hukum itu sebagai referensi.

Melalui kerjasama itu, Ahmad Redi menyebut IKA FH Undip berkesempatan menjadi mitra Klinik Hukumonline yakni menjawab beragam pertanyaan seputar isu hukum dari pengguna Hukumonline. Selain itu, IKA FH Undip bisa membantu membantu masyarakat mendapat pengetahuan hukum dengan cara menulis artikel dipublikasi dalam rubrik Kolom Hukumonline.

“Anggota IKA FH Undip sudah ada yang mengantri untuk menyetorkan artikel,” katanya.

Baca juga:

Hukumonline.com

Usai penandantangan kerja sama, IKA FH Undip berfoto bersama. Foto: Reza

Ahmad Redi yang juga Managing Partner Kantor Hukum Jurist Resia & Co itu menyebut IKA FH Undip sedikitnya memiliki 3 misi ketika dibentuk. Pertama, kemanfaatan bagi sesama alumni dan setidaknya saban Jumat ada kegiatan yang dikerjakan. IKA FH Undip juga aktif mendukung para alumni untuk menempati jabatan strategis bidang hukum seperti Hakim Agung. Misalnya, Hakim Agung jebolan sarjana hukum FH Undip selama ini hanya almarhum Prof Muladi. Tapi sekarang alumni FH Undip tahun 1980, Dr. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum, telah dilantik sebagai Hakim Agung Kamar Pidana MA.

“Kami mendukung alumni berkiprah di kancah hukum nasional. Dulu satu-saatunya alumni FH Undip yang menjadi Hakim Agung hanya almarhum Prof Muladi, dan sekarang Pak Pudjo (Achmad Setyo Pudjoharsoyo),” ujar Ahmad Redi.

Tags:

Berita Terkait